Bawaslu Jember gelar deklarasi kampanye damai pemilu

id pemilu damai, pemilu 2019, bawaslu jember,imam thobroni

Arsip: Peserta mengikuti karnaval Kampanye Damai di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (23/9/2018). Karnaval yang merupakan rangkaian Deklarasi Kampanye Damai itu diikuti sejumlah tim pemenangan kedua capres dan cawapres, partai peserta pemilu, dan perwakilan 38 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota/Kabupaten se-Jawa Timur. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/kye

Jember (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 yang bertema "Deklarasi Kalah Terhormat, Menang Bermartabat" di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

"Deklarasi itu digelar dengan harapan seluruh peserta Pemilu 2019 menjaga kondusifitas Jember agar tetap damai dalam melaksanakan tahapan pemilu, terutama saat kampanye," kata Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka di Jember.

Menurutnya dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilu, terutama saat kampanye sudah memiliki rambu-rambu berupa aturan perundang-undangan, sehingga diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Jember dapat berjalan dengan tertib, lancar, kondisi masyarakat tetap rukun dan kondusif.

"Dalam kampanye dilarang menggunakan isu SARA dan mengarah pada hal-hal yang memicu kebencian hingga tindakan anarkhis, serta tidak boleh melibatkan anak-anak dalam kampanye, sehingga semua peserta Pemilu diharapkan menaati aturan yang sudah ditetapkan," ucapnya.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo meminta seluruh partai politik untuk mengendalikan seluruh simpatisan masing-masing partai politik peserta Pemilu 2019 agar Kabupaten Jember tetap kondusif dan aman.

"Jika ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkaitan dengan pemilu, maka akan berurusan dengan aparat penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yaitu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan," tuturnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi usai acara tersebut menyampaikan bahwa Kodim 0824 dalam tugas pengamanan akan membantu Polres Jember untuk menjaga Kabupaten Jember tetap kondusif.

"Terkait dengan netralitas internal, saya sudah perintahkan ke jajaran bahwa netralitas TNI adalah harga mati," ujarnya.

Ia juga meminta anggotanya untuk ikut berperan menjaga kondusifitas dan kenyamanan masyarakat menjelang Pemilu 2019, termasuk dalam bermedia sosial karena saat ini sudah banyak beredar meme di media sosial yang berhubungan dengan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019, sehingga anggota TNI jangan sampai ikut-ikutan menanggapi atau terlibat di dalamnya dan tetap menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing.

Kegiatan deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 itu diawali dengan senam "Awas" yang diikuti forum pimpinan daerah, pengurus parpol, dan ratusan warga yang memadati alun-alun Kabupaten Jember, kemudian dilanjutkan deklarasi kalah terhormat, menang bermartabat dan penandatanganan deklarasi damai tersebut.

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar