New York (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla menghadiri KTT Perdamaian Dunia di Markas Besar PBB New York, Senin, yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna memperingati ulang tahun ke-100 pejuang kemanusiaan asal Afrika Selatan, Nelson Mendela.

KTT tersebut digelar sehari sebelum dimulainya agenda utama debat umum di Sidang Umum PBB ke-73, yang akan dilaksanakan pada Selasa (25/9) waktu setempat.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla, yang memimpin delegasi Indonesia dalam Sidang Umum PBB ke-73, tiba di tempat acara sekitar pukul 09.25 waktu setempat (pukul 20.25 WIB, selisih 11 jam lebih lambat dari Jakarta). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden M Jusuf Kalla diagendakan untuk berbicara pada Senin siang pukul 12.45 waktu setempat (Senin malam pukul 22.45 WIB).

Wakil Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

KTT damai ini menawarkan kesempatan bagi para pemimpin dunia untuk memperbarui komitmen mereka dalam melaksanakan perdamaian dunia, pencegahan konflik, resolusi konflik, jurnalistik, promosi dan perlindungan hak asasi manusia serta inisiatif pembangunan jangka panjang seperti yang disebutkan oleh Sekretaris Jenderal. KTT perdamaian juga akan mengadopsi deklarasi politik, yang akan menegaskan kembali nilai-nilai Nelson Mandela, demikian dikutip dari laman United Nation.

KTT dibuka dengan sambutan Presiden Sidang Umum PBB ke-73 Maria Espinosa Fernanda Garces.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018