Indonesia berbagi pengalaman sebagai ketua IORA di Italia

id blue sea land expo 2018,our ocean conference 2018,iora

Indonesia berbagi pengalaman sebagai ketua IORA di Italia

Arsip Pembukaan KTT IORA 2017 Presiden Joko Widodo (kesembilan kanan), PM Australia Malcom Turnbull (kesebelas kanan), Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (kedelapan kanan), Wapres Jusuf Kalla (kesepuluh kanan) bersama kepala negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) menabuh alat musik tifa ketika membuka KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center. Jakarta, Selasa (7/3/2017). KTT IORA yang dihadiri 21 anggota dan tujuh negara mitra dialog itu mengangkat tema Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable & Prosperous Indian Ocean. (ANTARA/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A)

London (ANTARA News) - Indonesia diundang untuk menyampaikan pengalaman sebagai ketua The Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2015-2017 serta implementasi kebijakan negara kepulauan dan maritim pada Blue Sea Land Expo 2018 yang diselenggarakan di Mazara del Vallo, Sisilia, Italia pada tanggal 4 sampai 6 Oktober.

Pengalaman Indonesia sebagai ketua The Indian Ocean Rim Association (IORA) itu disampaikan Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, demikian Sekretaris Kedua Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Roma, Aisyah M. Allamanda kepada Antara London, Minggu.

Dubes Esti Andayani dan Sesmenko Kemaritiman, Agus Purwoto, bertindak mewakili Pemerintah RI dalam kesempatan itu juga menyampaikan upaya Indonesia sebagai tuan rumah Our Ocean Conference 2018, yang mengedepankan kerja sama berbagai pemangku kepentingan sektor maritim dan kelautan dalam rangka mempraktikan perikanan berkelanjutan guna keberlangsungan sumber daya laut.

Berbagai side event dalam Blue Sea Land Expo 2018 membahas pula mengenai pengelolaan sumber daya laut sebagai komoditi, upaya pelestarian sumber daya laut, kesehatan dan keamanan produk pangan ikan dan sektor maritim, pengelolaan sampah laut serta bioteknologi kelautan.

Di sela-sela kegiatan Blue Sea Land Expo 2018, Dubes Esti Andayani mengadakan pertemuan dengan Kepala District of Fisheries and Blue Growth, Nino Carlino, guna membahas upaya peningkatan kerja sama saling tukar pengalaman dan pelatihan pengelolaan produk pangan laut yang memenuhi standar internasional.

Blue Sea Land Expo diselenggarakan setiap tahun dengan promotor utama District of Fisheris and Blue Growth dan didukung Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pembangunan Ekonomi, Kementerian Pertanian Italia serta berbagai sponsor utama perusahaan-perusahaan besar Italia seperti ENEL.

District of Fisheries and Blue Growth merupakan asosiasi perikanan dengan wilayah kerja mencakup seluruh region Sicilia. Berkantor pusat di kota pelabuhan ikan terbesar Italia, Mazara del Vallo, lembaga ini memiliki peranan besar dalam kerja sama pengelolaqn sumber daya laut Mediterania yang berkelanjutan antara Italia dengan negara-negara lain di kawasan.

Blue Sea Land Expo diselenggarakan di pusat bersejarah kota Mazara del Vallo, yang selama ratusan tahun menjadi simbol pertemuan orang-orang dan kebudayaan serta pertukaran dagang di kawasan Mediterania. Wilayah ini juga menunjukkan hubungan lintas budaya dan agama yang harmonis.

Kepala District of Fisheries and Blue Growth sebelumnya adalah (Alm) Dr. Giovanni Tumbiolo merupakan tokoh perikanan nasional Italia dan pemrakarsa Blue Sea Land Expo.

Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar