Garut (ANTARA News) - Hasil penyelidikan Kepolisian menunjukkan tidak ada grup media sosial Facebook "gay" pelajar di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Masyarakat agar tidak resah info terkait dengan viral tentang `gay` atau LGBT, sudah polisi patahkan (tidak ada)," kata  Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan bahwa keberadaan penyimpangan seksual, yakni lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) memang ada di Garut, bahkan di daerah lain.

Namun terkait dengan grup medsos "gay" pelajar di Garut, kata Budi, hasil penyelidikan jajarannya tidak ada grup tersebut yang anggotanya pelajar.

"Hasilnya, ya, tidak ada grup itu," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa grup medos yang menggemparkan masyarakat Garut itu hasil penelusuran dibuat sejak 2013 tetapi tidak menamakan "gay".

Selanjutnya, grup medsos itu ditemukan hanya kumpulan anak-anak SMP dan SMA di Garut, bukan kelompok "gay".

"Grup itu sudah ada sejak 2013, pasif sejak 2015, kemudian pada tahun 2016 muncul lagi, berubah namanya, hingga akhirnya sekarang muncul nama `gay`," katanya.

Jajarannya akan mengungkap siapa pelaku yang mengubah nama grup medsos tersebut sehingga menjadi nama "gay" pelajar Garut.

Sebutan nama "gay" di medsos ternyata bukan hanya di Garut, melainkan terjadi di beberapa daerah lain. Bahkan jumlah anggotanya lebih banyak.

"Untuk itu, kami proses hukumnya dan akan kami kejar siapa yang membuatnya," kata Budi.

Sebelumnya, masyarakat Kabupaten Garut dan sejumlah tokoh pendidikan mengaku resah dengan munculnya grup Facebook "gay" SMP dan SMA di Garut.

Kepolisian dan pemerintah daerah langsung melakukan upaya untuk mengungkap grup tersebut. Bahkan Dinas Pendidikan Garut dan para guru, termasuk siswanya, mendeklarasikan menolak LGBT di Garut.

Baca juga: Siswa SMP di Garut deklarasi tolak LGBT
Baca juga: Polres Garut cari pembuat grup "gay" di facebook

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018