Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Oppie Andaresta membuat kejutan dalam album barunya yang bertajuk "Baju Bulan". Pasalnya lagu dalam album tersebut merupakan kumpulan puisi karya Joko Pinurbo yang telah di aransemen.

Ia mengatakan membuat musikalisasi puisi memiliki tantangan berbeda dibandingkan dengan mengarang lagu sendiri. 

"Iya itu dia harus bisa kreatif. Beberapa lagu emang jadi naratif kayak "Baju Bulan" itu tidak ada reff, dia hanya sekumpulan kata-kata tidak ada part 1, part 2," ucap Oppie Andaresta saat berbincang di Jakarta, Sabtu.

Setelah tiga bulan proses penggarapan akhirnya album "Baju Bulan" berhasil dirilis pada bulan April 2018. Terdapat sembilan lagu dalam album tersebut. Menurutnya album terbarunya ini berbeda dibandingkan albumnya yang lain dari segi musikalitas.

"Karya saya kan sudah ada 10 album. Saya pikir apa lagi ya. Ah coba bikin musik puisi karena beda nih. Istilahnya saya cari tantangan lain dan saya senang dari sembilan lagu itu beda-beda," ujarnya.

Ada tantangan lain yang belum pernah dirasakan oleh Oppie Andaresta ketika mengerjakan album "Baju Bulan" yang berisi kumpulan puisi Joko Pinurbo. Ia mengaku seperti keluar dari zona nyaman.

"Saya senang karena saya juga menggali. Wah saya juga bisa nyanyi model begini. Buat saya secara musikalitas beda dari album saya," tutupnya.

Baca juga: Oppie Andaresta bawakan puisi Joko Pinurbo lewat nyanyian

Baca juga: Cetakan baru buku Joko Pinurbo dilengkapi musikalisasi Oppie

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018