Jakarta, 13/11 (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengajak generasi muda untuk gemar mengunjungi museum untuk  menyimpan jejak peradaban bangsa agar bisa membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa.

"Seluruh peninggalan yang disimpan  di museum, bisa membangkitkan inspirasi dan membangun kreatifitas. Karena itu mari kita mengunjungi museum", kata Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dalam siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI  Hidayat Nur Wahid usai melakukan kunjungan ke Museum Nasional, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa. Kedatangan Hidayat di Museum disambut langsung oleh Kepala Museum Nasional Siswanto. Pada kesempatan itu, Hidayat berkesempatan mengunjungi tempat peninggalan masa lalu. Dimulai dari Ruang Manusia Purba dan Benda-Benda Purbakala, Ruang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Ruang penyimpanan Emas dan yang terakhir Taman Arca. 

Segala peninggalan suatu bangsa, kata Hidayat akan kelihatan hebat jika ada museumnya. Dan karena kehebatan itulah suatu bangsa  bisa dihargai. 

"Bagi bangsa Indonesia, museum itu sangat penting, karena kita adalah bangsa yang besar, dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Dengan adanya museum, kita bisa memperlihatkan dan mengajarkan peradaban masa lalu kepada generasi muda", kata Hidayat menambahkan. 

Karena itu menurut Hidayat, kehadiran dirinya di museum merupakan  salah satu bentuk apresiasi terhadap kinerja Museum Nasional dalam menjaga dan melestarikan benda-benda bersejarah. Ini sesuai Amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, untuk melindungi kebudayaan. 

Selain itu Hidayat   juga mengakui kalau dirinya termasuk orang yang senang mengunjungi museum. Bahkan, jika ada kesempatan ke luar negeri,  ia selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi museum-museum di luar negeri.

Menanggapi kunjungan Wakil Ketua MPR, Kepala Museum Nasional Siswanto mengapresiasi kehadiran Hidayat Nur Wahid. Menurut Siswanto kehadiran Wakil Ketua MPR merupakan contoh yang baik, untuk mengajak generasi muda mau mengunjungi dan mencintai Museum. Apalagi, di museum Nasional terdapat banyak benda-benda peninggalan yang jumlahnya mencapai 6500 buah, dan  memiliki nilai sejarah tinggi.
***2***

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018