Konteksnya adalah bagaimana bisa membangun sistem informasi pengelolaan hutan yang andal.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyempurnakan sistem informasi berbasis situs, salah satunya mengembangkan Portal Satu Data KLHK seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan informasi.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa KLHK tengah melakukan perbaikan tata kelola data dengan mendorong kebijakan Satu Data KLHK, sehingga ke depan dapat disajikan data yang akurat, terbuka, dan interoperabel. "Kita akan memastikan interoperabilitas data lintas Eselon I", ucap dia.

Interoperabilitas merupakan kemampuan dua sistem atau dua komponen atau lebih untuk bertukar informasi dan untuk menggunakan informasi yang telah dipertukarkan.

Saat ini, paling tidak tiap Eselon I KLHK mempunyai lima sistem informasi untuk memudahkan dan meningkatkan kinerjanya.

Agar lebih ringkas, ke depan KLHK akan menggabungkan semua sistem informasi dari tiap Eselon I tersebut menjadi Satu Data KLHK.

Penyesuaian dan penyempurnaan itu, kata dia, untuk pemenuhan layanan informasi publik secara cepat, mudah, dan wajar.

Dalam perbaikan tata kelola data, menurut dia, ada empat strategi yang digunakan, mulai dari penataan regulasi dan kelembagaan, standarisasi dan sinkronisasi data, pengembangan kapasitas, sampai memastikan interoperabilitas data lintas Eselon I dan antara kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Ia mengatakan integrasi sistem informasi itu akan memungkinkan KLHK meningkatkan kemampuan melakukan verifikasi data lebih jauh sehingga mengurangi peluang terjadinya kecurangan atau kesalahan dalam pelaporan data.

Sulistyono, dari Litbang KPK, mengatakan pihaknya mendorong terobosan kebijakan dalam penguatan sistem informasi.

"Konteksnya adalah bagaimana bisa membangun sistem informasi pengelolaan hutan yang andal," katanya.

Ia mencontohkan dengan KLHK mengimplementasikan Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) Online, 60 persen rantai birokrasi bisa dipotong.

"Untuk itu, kami mendorong penguatan SIPUHH yang terintegrasi dengan sistem lain," katanya.

KLHK mempunyai peran kunci dalam hal-hal yang strategis, di mana KLHK mengurus sistem penyangga kehidupan dasar (basic life support system) karena terkait langsung dengan pangan, energi, dan air.*


Baca juga: KLHK-Kominfo luncurkan sistem informasi kebakaran hutan melalui sms

Baca juga: KLHK kembangkan sistem informasi pengelolaan hutan


 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018