Magetan, Jawa Timur (ANTARA News) - Personel pertahanan pangkalan Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi menggelar latihan pertempuran di sekitar lapangan tembak Batalion Komando 463/Trisula di Desa Setren, Magetan, Jawa Timur, Kamis.

Pertahanan pangkalan udara merupakan salah satu kemampuan pokok Korps Pasukan Khas TNI AU, selain pengendalian pertempuran udara, pengendalian operasi dan lalu-lintas udara, SAR tempur, meteorologi, dan kontra terorisme. 

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra, menegaskan, latihan pertempuran disebut berhasil bila dalam pelaksanaannya tidak terjadi kecelakaan.

Bersama Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Letnan Kolonel Penerbang M Anjar Legowo, meninjau langsung latihan tempur itu.

Menurut Legowo, latihan pertempuran selain sebagai kegiatan tahunan juga untuk meningkatkan keterampilan dan penyegaran kembali para anggota.

"Latihan ini untuk meningkatkan keterampilan anggota dan penyegaran kembali, tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan. Terutama jika terjadi ancaman terhadap pangkalan," ucapnya.

Materi pelatihan meliputi terori dan praktik penggunaan kompas, teori taktik regu, peleton, dan kompi serta pertempuran regu, peleton dan kompi. Selain itu juga juga latihan pertempuran regu, peleton, dan kompi.

Pewarta: Louis Stevani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018