Jakarta (ANTARA News) - Sebagai bentuk solidaritas untuk penyandang tuna netra,  AccorHotels Fairmont Jakarta menggelar penggalangan dana bertajuk “Dining in the Dark” yang akan diadakan pada 3 Desember 2018 di Ballroom. 

Acara ini adalah bentuk kolaborasi sekaligus dukungan untuk Yayasan Mitra Netra – sebuah organisasi nilaba yang fokus membantu para penyandang tuna netra.

Dalam acara “Dining in the Dark”, tamu diajak merasakan perjalanan kuliner melalui rasa, aroma, sentuhan dan suara dalam kondisi kegelapan total. 

“Acara ini memberikan kesempatan pada tamu untuk makan dalam kegelapan, di mana mereka menggunakan empat indera dari sentuhan, rasa, penciuman dan suara dalam perjalanan kuliner,” kata Carlos Monterde, General Manager Fairmont Jakarta. 

Bambang Basuki, Ketua Yayasan Mitra Netra, menyambut baik kolaborasi yang dapat membangun empati tentang kehidupan tuna netra.

"Ini membangun empati tentang bagaimana tuna netra dan membangun kepercayaan serta menghilangkan mitos di masyarakat yang jadi penghalang kami," ujar Bambang yang mendirikan yayasan itu sejak 1991.

Baca juga: Cokelat semakin enak dimakan dalam kegelapan

Sebanyak 12-course set menu secara khusus dipersiapkan oleh tim chef Fairmont Jakarta untuk tamu yang jumlahnya dibatasi 50 orang. 

Ketika duduk dalam ruangan yang gelap total, para tamu akan dipandu dan dilayani oleh para penyandang tuna netra dari Yayasan Mitra Netra yang sudah dilatih secara khusus oleh Fairmont Jakarta. 

Dengan adanya acara ini, para tamu akan merasakan bagaimana melakukan kegiatan sederhana yang sehari-hari dilakukan, seperti menikmati sebuah hidangan dan menuang minuman, dalam kondisi tidak dapat melihat. 

Lewat tantangan seperti ini, diharapkan bahwa hal ini akan semakin meningkatkan kesadaran untuk semakin menghargai kemampuan penyandang tuna netra dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Pengalaman makan dalam gelap ini dapat dinikmati dengan harga Rp2,5 juta per orang. 

Dana yang terkumpul akan didonasikan kepada Yayasan Mitra Netra untuk mendukung kegiatan pemberdayaan para penyandang tuna netra,  AccorHotels’ CSR program A Tree for A Child yang menyediakan rumah penampungan anak di bawah umur di Jakarta dan Bali. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018