Sungailiat, Bangka Belitung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Bangka Belitung sudah memiliki tujuh rumah pintar pemilu (RPP) yang tersebar pada tujuh kabupaten/kota di daerah ini.

"Tujuh kabupaten/kota di Bangka Belitung sudah memiliki RPP, tinggal di Belitung belum diresmikan walaupun sudah dibangun KPU setempat," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri, di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, pembangunan RPP merupakan program yang dilaksanakan KPU RI hingga ke daerah, supaya masyarakat bisa belajar tentang pemilu sejak awal hingga Pilkada 2018, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara kualitas dan kuantitas.

Pembentukan Rumah Pintar Pemilu dilaksanakan sejak 2015 di sembilan provinsi dan 18 kabupaten/kota, dan hingga 2018 ini, RPP sudah ada pada 223 kabupaten/kota di Indonesia.

"Masyarakat di daerah Bangka dan sekitarnya yang ingin mengetahui tentang Pemilu dapat mempelajari itu di RPP Sepintu Sedulang, Kabupaten Bangka," katanya.

RPP dapat memberikan nilai-nilai pelajaran politik khususnya bagi para pelajar, sehingga dapat belajar tentang kepemiluan, apalagi Pemilu 2019 berbeda dengan yang sebelumnya sebab digabungkan menjadi satu dengan pemilihan presiden.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018