Jakarta (ANTARA News) - Stephen Hillenburg, kreator dari serial Nickelodeon yang ikonik "Spongebob SquarePants" meninggal dunia pada usia 57 tahun akibat komplikasi ALS. 

Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang juga dikenal dengan penyakit Lou Gehrig adalah penyakit yang belum ada obatnya hingga saat ini. Itu adalah penyakit yang menyebabkan matinya syaraf neuron yang mengendalikan otak dan tulang belakang.

Berikut lima fakta soal Stephen Hillenberg yang dilansir Hollywood Life, Selasa (27/11).

1. Hillenburg seorang kartunis, ahli biologi kelautan dan seorang guru

Stephen Hillenburg lahir di Lawton, Oklahoma tahun 1961. Dia lulusan Humboldt State University pada 1984 bergelar perencanaan sumber daya alam dan menjadi guru biologi kelautan di Dana Point, California.

Tahun 1987 dia mengejar karirnya di animasi dan lulus dengan gelar animasi eksperimental dari California Institute of Arts di Valencia pada 1992.

2. Hillenburg dan Spongebob

Spongebob SquarePants siar perdana pada 1999 dan masih tayang hingga sekarang, serial itu diperbarui tahun 2019 dan akan mencapai musim ke-12 saat itu. Hillenburg mengadaptasi karyanya itu ke layar lebar dua kali serta satu kali di panggung Broadway yang berhasil mendapatkan 12 nominasi Tony Awards.

"The SpongeBob SquarePants Movie"  (2004), "The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water" (2015). Dan film ketiga "The SpongeBob Movie: It’s a Wonderful Sponge" akan rilis 2020.

3. Hillenburg dan ALS

Maret 2017, Hillenburg mengatakan pada Variety bahwa dia terkena ALS. Dia mengaku akan terus berkarya selama dia mampu.

"Keluarga saya dan saya bersyukur atas banyaknya kasih dan dukungan. Kami mohon privasi selama masa-masa ini," ungkapnya saat dia tahu dia di tahap awal kena ALS.

4. Kartun lain

Dia mengerjakan kartun lain di Nickelodeon sebagai penulis sekaligus sutradara: "Rocko’s Modern Life".

5. Menikah 20 tahun

Hillenburg menikah selama 20 tahun dengan istrinya Karen dan memiliki putra bernama Clay. Dia disebut sebagai sosok pemalu, gila kerja dan suka surfing, snorkeling dan scuba diving.

Baca juga: Pencipta SpongeBob SquarePants meninggal dunia

Baca juga: Mengenal ALS, penyakit yang menewaskan kreator SpongeBob SquarePants

Baca juga: Spongebob buruk untuk anak usia 4 tahun


 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018