Jakarta (ANTARA News) - Berbagai momen telah terjadi selama 2018 dan meliputi berita terkini, politik, olahraga dan hiburan, hingga musik populer Korea Selatan "Kpop" yang mendominasi tanda pagar (tagar) Twitter pada 2018.

Tagar terpopuler yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Twitter di Indonesia tahun ini adalah #BTS, diikuti dengan #EXO di posisi kedua.

"Twitter merupakan platform untuk bercakap-cakap. Kalau orang banyak yang menyangka kebanyakan yang dibicarakan di Twitter adalah politik, justru sebenarnya yang paling tinggi adalah hiburan di mana percakapan tentang K-pop paling tinggi," ujar Country Industry Head Twiter Indonesia & Malaysia, Dwi Ardiansah, dalam temu media di Jakarta, Rabu.

ARMY, fans Bangtan Boys, sering kali meramaikan linimasa Twitter dengan tagar #BTS. Tagar ini menyatukan para penggemar untuk mencari dan berbagi informasi terkini tentang grup Kpop kesayangan mereka.

Sementara itu, EXO-L, fans EXO, menggunakan emoji EXO pada tweet mereka untuk merayakan satu tahun akun resminya @weareoneEXO. Peluncuran emoji EXO di Twitter membuat beberapa tagar yang berhubungan dengan EXO menjadi trending topic di Twitter.

Selain Kpop, tagar terpopuler selanjutnya adalah #AsianGames2018 di mana Twitter mengeluarkan emoji spesial yang menggambarkan logo resmi Asian Games 2018.

Olahraga ternyata juga mendominasi percakapan di platform Twitter di mana #WorldCup berada di posisi keempat.

Baca juga: Taylor Swift orang paling berpengaruh di Twitter sepanjang 2018

Tidak hanya momen seru, sedih, dramatis dan kocak di Piala Dunia 2018, momen di luar lapangan juga menjadi viral di mana Rania Premiera Gumay (9) dan Maula Alvaro Putra Bimo (9) terpilih menjadi player escort setelah menyisihkan 4.000 anak di Indonesia.

Pemilihan Umum tahun depan, ternyata juga telah banyak diperbincangkan di Twitter dengan tanda pagar #2019TetapJokowi di posisi kelima dan #2019ProbowoSandi di peringkat selanjutnya.

Tagar kedua pasangan calon presiden itu meramaikan linimasa setelah pengumuman Cawapres dilakukan oleh Presiden Joko Widodo maupun Prabowo. Tagar tersebut juga digunakan untuk memberikan dukungan kepada masing-masing pasangan.

Tagar yang membuat percakapan di Twitter lebih hidup #JumatBerkah dan #RecehkanTwitter masuk dalam jajaran 10 besar -- masing-masing urutan ketujuh dan kedelapan.

Baca juga: Twitter akan hapus tombol "like"

Untuk menyambut keberkahan hari Jumat, pengguna Twitter sering menggunakan tagar #JumatBerkah untuk menebar konten-konten positif, sementara tagar #RecehkanTwitter dihunakan untuk berbagi humor-humor lucu.

Deretan 10  tagar terpopuler di Twitter 2018 ditutup dengan #PersijaDay dan #SambutRamadhan.

Pada 2018, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam. Hal ini terlihat dari beragam akun yang sering dibicarakan di linimasa.

Twitter Indonesia mencatat Presiden Joko Widodo (@jokowi) berada di peringkat pertama, disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana @seterahdeh, Prabowo Subianto @prabowo dan yang baru saja masuk ke daftar jajaran lima besar tahun ini yaitu Bayu Joo @bayu-joo.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018