Lebak, Banten (ANTARA News) - Masyarakat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dihimbau mewaspadai penyebaran berita hoaks (bohong) menjelang Pemilu 2019.

"Kami prihatin hoaks bertebaran di media sosial dan bisa menimbulkan perpecahan, persatuan dan kesatuan bangsa," kata Koordinator Relawan Rumah Kiai Ma`ruf Amin (KMA) Banten, Mochamad Husen, saat dihubungi di Lebak, Rabu.

Pemberitaan hoaks disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan bertujuan mendiskreditkan kelompok tertentu dan memecah belah.

Masyarakat jangan mudah mempercayai informasi yang disebar melalui media sosial, seperti facebook, twitter, instagram dan youtube.

Saat ini, kata dia, menjelang tahun politik banyak kelompok-kelompok tertentu yang menyebar hoaks, ujar kebencian, saling hujat dan saling menjelekan.

"Kita jaga dan lestarikan persatuan dan kesatuan bangsa agar bangsa ini menjadi lebih baik," kata politisi PKB Provinsi Banten.

Menurut dia, selama ini masyarakat Kabupaten Lebak sudah cerdas untuk mengantisipasi berita-berita hoaks yang bertebaran di media sosial itu.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018