Jadi kami juga kerjasama dengan Waskita, Wika, Adhi, dan PP untuk menyediakan Excavator, Grader, Loader, hingga Water Tank
Lampung (ANTARA News) - PT Hutama Karya (Persero) akan mengirimkan beberapa alat berat untuk memperlancar proses evakuasi korban bencana tsunami Selat Sunda, bekerjasama dengan beberapa BUMN Karya yang terlibat dalam proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

"Jadi kami juga kerjasama dengan Waskita, Wika, Adhi, dan PP untuk menyediakan Excavator, Grader, Loader, hingga Water Tank," kata  Manajer Senior CSR, PKBL, & Protokoler PT Hutama Karya (Persero), M. Izzan Zubair di Lampung dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa fokus pihaknya saat ini adalah di wilayah Lampung Selatan, karena dekat sekali dengan proyek yang dikerjakan pihaknya serta bagaimana korban dapat dievakuasi terlebih dahulu, dimana ketika melihat kondisi disana butuh banyak sekali bantuan alat berat.

Selain alat berat, fokus utama Hutama Karya lainnya saat ini adalah adalah penanganan pengungsi dan penyediaan kebutuhan pokok. 

Hutama Karya bersama BUMN Karya yang terlibat proyek Jalan Tol Trans Sumatera juga menginisiasikan pembuatan Posko sementara BUMN Karya, sebelum ditetapkannya posko BUMN yang akan ditunjuk dimana berfungsi untuk membangun barak kesehatan, berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat untuk menginventarisir kebutuhan para korban, menampung kiriman bantuan dari BUMN Karya, hingga menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban.

“Hingga pagi ini kami juga sudah mengirimkan tim medis, lalu untuk kebutuhan pokok sudah kami salurkan bantuan berupa sembako yang terdiri atas puluhan dos indomie, kopi, teh, air mineral, sarden, gula, hingga berkarung-karung beras," kata Izzan.

Setidaknya bantuan berupa dana dapur umum sebesar Rp20 juta, makanan Instan serta 500 potong selimut telah diberikan oleh Hutama Karya.

Bantuan ini secara resmi diserahkan oleh Achmad Lukman Letnantoro selaku Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar seksi 3 dan 4 kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni pada Minggu (23/12).

Sedangkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di wilayah Banten, Hutama Karya akan menyalurkannya lewat anak perusahaannya PT Hakaaston.

"Untuk tanggap bencana daerah Banten, bantuan Hutama Karya akan disalurkan melalui PT Hakaaston selaku anak perusahaan yang akan berkoordinasi dengan BUMN yang telah ditunjuk sebagai koordinator penyaluran bantuan di daerah Banten yaitu PT Krakatau Steel,” kata Izzan.

Baca juga: Dua BUMN ditunjuk sebagai koordinator penyaluran bantuan korban tsunami Selat Sunda

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018