Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah personel gabungan mengamankan jalannya prosesi ibadah misa malam Natal yang berlangsung di GPIB Paulus, Jakarta Pusat pada Selasa (25/12) malam. 

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, sebuah Pos Pengamanan Terpadu Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang ditempati oleh sejumlah anggota polisi dan TNI didirikan persis di depan GPIB Paulus. 

"Pos pengamanan ini sudah dibuat sejak Jumat (21/12) dan akan terus ada sampai Tahun Baru (1/1). Pos ini sekaligus menjaga jalannya ibadah di GPIB Paulus," kata Kanit Intel Polsek Menteng Kompol Subekan di GPIB Paulus, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam. 

Secara keseluruhan, menurut dia, terdapat sebanyak 63 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan wilayah Menteng selama perayaan Natal hingga Tahun Baru 2019. 

"Totalnya ada 63 personel gabungan yang terdiri dari anggota polisi, terutama dari Polsek Menteng, kemudian ada anggota TNI, personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)," ujar Subekan. 

Lebih lanjut, dia menuturkan seluruh personel gabungan tersebut berkewajiban untuk menjaga keamanan sekaligus mengatur lalu lintas, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengakibatkan kemacetan. 

Sementara itu, dia mengungkapkan sampai dengan saat ini, kondisi jalannya ibadah misa malam di GPIB Paulus maupun situasi lalu lintas di sekitarnya terpantau aman, lancar dan kondusif. 

"Sejauh ini, semuanya aman terkendali. Ini berkat kesadaran masyarakat. Penjagaan kami lakukan terus selama 24 jam. Selain gereja, kami juga berjaga di kawasan Bundaran HI dan tempat-tempat hiburan lainnya," ungkap Subekan. 

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, masih berlangsung ibadah misa malam di GPIB Paulus yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 21.00 WIB. 

Baca juga: Doa natal bagi para korban tsunami Selat Sunda

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018