Banyak kecelakaan terjadi karena penerangan jalan di ruas jalan negara ini kurang memadai, sekarang dengan operasional 500 unit lampu jalan maka ruas jalan yang tidak didukung dengan penerangan jalan maka bisa lebih terang
Kupang, (ANTARA News) - Sebanyak 500 lampu penerangan jalan umum (PJU) yang telah terpasang di berbagai wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggara Tumur mulai menerangan ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini, sejak Minggu (30/12) malam.

"Ada 500 titik lampu jalan yang sudah terpasang dan akan mulai operasional secara serentak pada Minggu (30/12) malam," kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore kepada wartawan di Kupang, Minggu.

Ia mengatakan, pada tahap pertama telah terpasang 500 unit lampu PJU baru, yang tersebar di semua wilayah Kota Kupang seperti di jalan Timor Raya, Oesapa, Lasiana, Bimoku, Kecamatan Kelapa Lima.

Menurut Jefri, minimnya lampu PJU pada ruas jalan Timor Raya menyebabkan banyak terjadi kasus kecelakaan lalulintas.

"Banyak kecelakaan terjadi karena penerangan jalan di ruas jalan negara ini kurang memadai, sekarang dengan operasional 500 unit lampu jalan maka ruas jalan yang tidak didukung dengan penerangan jalan maka bisa lebih terang," tegas Jefri.

Ketua DPD I Partai Demokrat NTT ini mengatakan, pada tahun 2019 Pemerintah Kota Kupang akan melakukan pengadaan lagi 1000 unit lampu penerangan jalan umum baru.

"Kami menargetkan ada sekitar 10.000 lampu penerangan jalan yang terpasang di Kota Kupang sehingga ibu Kota NTT menjadi lebih terang pada malam hari agar aktivitas ekonomi pada malam hari bisa bertumbuh. Masyarakat akan menjadi lebih nyaman dalam menjalankan usaha bisnisnya pada malam hari karena telah didukung fasilitas penerangan yang baik," katanya.

Jefri mengatakan, Pemerintah Kota Kupang akan menganti semua lampu penerangan jalan jenis solar cell yang terdapat di ruas jalan Frans Sedam El Tari dengan lampu jalan menggunakan sumber listrik PLN agar penerangannya lebih optimal.

"Semua lampu solar cell di ruas jalan El Tari hinga Frans Seda akan diganti dengan lampu jalan menggunakan sumber listrik PLN. Semua lampu itu akan kita ganti secara bertahap sehingga Kota Kupang tampil lebih indah pada malam hari," katanya.

Jefri mengatakan, pemerintah Kota Kupang berterimah kasih kepada pemerintah NTT serta pemerintah pusat yang ikut membantu pengadaan lampu penerangan jalan umum di ibu kota provinsi NTT ini.

Baca juga: Pemkot Kupang Sediakan Lahan 52 Ha Untuk Listrik Tenaga Surya

Baca juga: PLN bangun PLTMG 40MW di Kupang

Baca juga: Kapal listrik asal Turki tiba di Kupang

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018