Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jendral Wahyu Hadiningrat meminta Kepala Polisi Resor di seluruh wilayah untu terjun langsung mengamankan malam tahun baru 2019.

"Kepada seluruh Kapolres untuk proaktif terjun langsung ke lapangan untuk melihat langsung perkembangan situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," ujar Brigjen Wahyu di Jakarta, Senin.

Dalam sambutannya di acara apel gelar pasukan pengamanan perayaan malam tahun baru di Econvention Ancol, Jakarta Utara, ia berpesan kepada tiga jajaran di masing-masing wilayah yakni Polres, Satuan Intelkam dan Lalu Lintas. 

Ia mengharapkan tiga jajaran tersebut dapat bersinergi dalam pengamanan malam tahun baru, sehingga dapat menangani masalah kamtibnas dalam waktu cepat.

Menurutnya, pada malam tahun baru, pusat konsentrasi masyarakat DKI Jakarta terjadi pada sejumlah jalanan ibu kota dan tempat-tempat wisata antara lain Ancol, Taman Mini, Ragunan, Monas, dan Kota Tua, sehingga berpotensi timbulnya berbagai kerawanan berupa ancaman dan gangguan kamtibmas.

Gangguan tersebut diantaranya terjadinya kemacetan lalu lintas di jalan-jalan, terjadinya penumpukan massa di sekitar tempat-tempat wisata, serta terjadinya gangguan tindak kejahatan.

"Pengamanan ini menjadi puncak pengamanan di tahun 2018. Tentunya kami berharap kita akhiri tahun ini dengan semuanya berjalan dengan lancar aman dan tertib tidak ada kejadian apapun," ujar dia. 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018