Jakarta (ANTARA News) -  PDI Perjuangan dalam rangka peringatan peringatan ulang tahun ke-46 menggelar acara "Parade Akhir Pekan" di Kemayoran, Jakarta, Minggu dan disaksikan sekitar 3.000 orang berkaos merah.

Hadir pada acara Parade Akhir Pekan tersebut antara lain, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani, Eriko Sotarduga,  sejumlah pengurus dan kader PDI Perjuangan, serta simpatisan dan masyarakat Jakarta, yang sebagian besar mengenakan kaos warna merah.

"Hari ini kita ingin menampilkan politik menggembirakan, politik yang sehat," kata Hasto, saat membuka Parade Akhir Pekan, dari atas panggung di lokasi acara. 

"Mari kita kobarkan semangat persatuan, PDI Perjuangan jadi partai yang merawat persatuan," sambungnya. 

Parade Akhir Pekan dimulai pukul 06.00 WIB dengan senam bersama dan seni grafiti serta mural. Para peserta memenuhi Jalan Garuda depan kantor baru Polres Jakarta Pusat. 

Setelah senam bersama, acara Parade dilanjutkan dengan jalan bersama mengelilingi Jalan Benyamin hingga Jalan Jiung dan kembali ke Jalan Garuda. Rangkaian Parade Akhir Pekan dijadwalkan akan  berakhir pada pukul 11.00 WIB. 

Peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan dengan tema "Persatuan Indonesia Membumikan Pancasila" akan dipusatkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 10 Januari 2019. 

Adapun rangkaian acara peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan sudah dimulai sejak Desember 2018 dengan kegiatan diskusi panel bersama tokoh muda Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, serta analis politik dan ekonomi.

Pada Senin (7/1), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menceritakan perjalanan politiknya pada generasi muda dalam membesarkan PDI Perjuangan dan menjadi perempuan tokoh politik nasional. 

Acara ‘Bu Mega Bercerita’ disiarkan langsung di akun media sosial PDI Perjuangan; PDI Perjuangan (YouTube), @PDIPerjuangan (Facebook), dan @pdiperjuangan (Instagram).

Pada Kamis (10/1), PDI Perjuangan memperingati HUT ke-46 sekaligus menggelar Rapat Koordinasi Nasional di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Calon presiden-calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan hadir dalam peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan tersebut.

Sebanyak 13.100 peserta yang terdiri dari pengurus tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia yang diwakili ketua, sekretaris, dan bendahara serta pengurus tingkat kecamatan diwakili Ketua PAC, akan tiba di Jakarta pada Rabu (9/1).

Di sela sela Rakornas dan peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan tersebut, para peserta direncanakan akan nonton bareng film tentang Bung Karno dengan judul “Pengabdian Tanpa Titik Akhir”, menyaksikan hiburan rakyat, serta games dengan tema PDI Perjuangan dan prestasi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: HUT KE-46 PDIP akan dihadiri lebih dari 12.000 peserta
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019