Tiga wilayah di Kelurahan Kamal terdampak rob

id Rob, jakarta barat, kamal, kalideres

Tiga wilayah di Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat terdampak genangan rob setinggi lima centimeter pada Rabu (9/1/2019). (Istimewa)

 Jakarta (ANTARA News) - Tiga wilayah di Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, terdampak genangan rob setinggi lima centimeter pada Rabu.
   
"Wilayah pemukiman warga RT 02,04, dan 05 RW 01 Kelurahan Kamal terdampak, ketinggian air sekitar lima sentimeter," ujar Lurah Kamal Abdul Karim di Jakarta.
   
Menurut informasi yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta dalam pembaruannya pukul 13.15 WIB, genangan memasuki tiga wilayah tersebut pukul 11.57 WIB.
   
Sejumlah petugas PPSU Kelurahan Kamal disiagakan untuk membersihkan sampah dari genangan dan melancarkan aliran air untuk mempercepat air surut. Genangan tersebut terjadi karena air laut pasang disertai hujan lebat.
   
BPBD DKI Jakarta menyebut kenaikan tinggi permukaan air di Pintu Air Pasar Ikan sempat dalam tahap kritis atau Siaga II pada pukul 09.00 WIB. Kemudian turun ke tahap waspada atau Siaga III pukul 10.00 dengan tinggi permukaan 200 sentimeter dan dalam kondisi cuaca hujan sedang-lebat.

Namun kondisi tinggi permukaan air di Pintu Air Pasar Ikan kembali tinggi dan memasuki tahap kritis atau Siaga II pukul 11.00 WIB dengan ketinggian 215 sentimeter, kemudian turun kembali pada pemutakhiran data pukul 12.00 WIB setinggi 210 centimeter. 
   
BPBD DKI Jakarta sempat mengimbau sejumlah wilayah seperti di Kelurahan Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Kamal untuk antisipasi menghadapi kemungkinan terdampak rob. 

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar