Dampak kejadian tsunami tidak hanya sekedar kerugian material, tapi juga mempengaruhi mental dan sosial masyarakat,
Bogor (ANTARA News) - Pusat Studi Bencana (PSB) IPB mengirimkan tim pemulihan trauma (trauma healing) ke lokasi terdampak bencana tsunami Selat Sunda, di Provinsi Banten.

Kepala PSB IPB Dr Yonvitner saat dihubungi di Bogor Minggu, mengatakan, dua minggu kejadian tsunami Selat Sunda masih menyisakan banyak persoalan.

Daerah pesisir Banten mulai memasuki masa transisi, sedangkan pesisir Lampung masih dalam tahap emergency respon plan atau rencana tanggap darurat.

"Dampak kejadian tsunami tidak hanya sekedar kerugian material, tapi juga mempengaruhi mental dan sosial masyarakat," ujarnya

Yon mengemukakan, untuk dampak mental dan sosial yang mempengaruhi masyarakat membutuhkan masa pemulihan yang panjang.

Untuk itu PSB IPB bekerja sama dengan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB mengirimkan tim trauma healing atau penyembuhan trauma.

"Tim sudah kami berangkatkan sejak Sabtu (12/1) kemarin ke wilayah Pesisir Banten," tambahnya.

Menurutnya, tim yang diberangkatkan adalah bagian dari relawan yang terdiri dari mahasiswa yang tergabung dalam relawan MANTAB (mahasiswa tanggap bencana) PSB IPB.

Adapun kegiatan tanggap darurat atau emergency respon yang dilaksanakan PSB IPB sudah dilakukan sejak 24 Desember 2018 hingga saat ini yang didukung oleh berbagai pihak sebagai donatur dari dalam dan luar negeri.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk utama tugas PSB dalam memperkuat pendampingan daerah mitra kerjasama IPB seperti yang pernah disampaikan rektor IPB sebelumnya," kata Yon.

Ia menambahkan, setelah fase penyembuhan trauma dan program pendistribusian bantuan. kedepan PSB IPB akan mempersiapkan upaya pemulihan dan rekonstruksi sektor pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan dan perkebunan serta pariwisata.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen FEMA IPB, Dr Tin Herawati mengatakan, mahasiswa yang dikirim adalah yang sudah dibekali dengan kemampuan healing atau penyembuhan baik untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Selama di lapangan, lanjutnya tim akan bekerja dari posko ke posko target di Anyer, Carita dan Labuan serta Sumur.

"Tim yang berangkat mencapai 30 orang untuk bekerja bersama Pemda Banten dalam beberapa waktu kedepan," lanjutnya.

Tim trauma healing PSB IPB juga didampingi tenaga ahli Dr Istiqlaliya sebagai salah satu supervisor, wakil kepala LPPM bidang pengabdian Prof. Sugeng H Suseno.

Tim dari Caritas, Liony juga turut hadir dalam membantu supervisi kegiatan dilapangan yang dilakukan PSB LPPM IPB.

Baca juga: Himpunan Alumni IPB bentuk tim ahli kebencanaan berbasis pertanian
Baca juga: Bantu pemulihan, IPB dirikan posko tsunami di Banten

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019