Debat capres-cawapres ini juga akan menjadi pendidikan politik bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA News) - Tim Kampanye Nasional (TKN) calon presiden dan wapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, akan menggelar nonton bareng di sejumlah daerah di Indonesia untuk meramaikan acara debat capres-cawapres putaran pertama.

Direktur Relawan TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengatakan hal itu, di Media Center Cemara, Jakarta, Selasa, guna memeriahkan Debat Capres-Cawapres putaran pertama yang akan diselenggarakan KPU di Jakarta, pada Kamis (17/1) malam.

Menurut Maman Imanulhaq, dirinya telah menerima laporan dari kelompok relawan pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, bahwa para relawan akan menyelenggarakan nonton bareng Debat Capres-Cawapres.

Laporan dari relawan yang telah diterimanya, nonton bareng itu akan dilaksanakan di 48 lokasi di tingkat kecamatan di DKI Jakarta, di beberapa daerah di Jawa Barat, di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, dan di Kota Ternate Maluku Utara.

Menurut Maman, dengan diadakannya nonton bareng antara relawan dengan masyarakat, TKN ingin meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih banyak lagi menyerap informasi langsung dari pasangan capres-cawapres yang tampil dalam Debat Capres-Cawapres. "Debat capres-cawapres ini juga akan menjadi pendidikan politik bagi masyarakat," katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini optimistis melalui Debat Capres-Cawapres ini masyarakat akan mendengar langsung program kerja dan prestasi yang sudah dicapai Presiden Joko Widodo dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat, dan bukan sekadar gimik politik.

"Kita harapkan, bahwa debat besok itu sebagai sarana edukasi politik kepada masyarakat tentang apa yang menjadi program unggulan dari capres-cawapres untuk lima tahun ke depan," katanya.

Melalui nonton bareng ini, menurut dia, agar masyarakat tahu mana capres-cawapres yang memiliki program pembangunan yang jelas dan merakyat, sekaligus melibatkan masyarakat untuk turut menyampaikan saran dan masukan. "Saran dan masukan itu akan diserap oleh para relawan dan diteruskan ke TKN," katanya.

Baca juga: Dari debat capres, kaum milenial pelajari rekam jejak calon pemimpin

Baca juga: TKD Aceh siapkan nonton bareng

Baca juga: Pengamat nilai Jokowi sebagai petahana diuntungkan debat pertama



 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019