Jakarta (ANTARA News) - Musisi Skrillex membela Jay-Z yang tidak menghapus kolaborasinya dengan R. Kelly dari situs streaming online, dengan mengatakan bahwa sang rapper bisa membuat keputusannya sendiri.

Jay-Z dan Kelly bekerja sama dalam album "The Best of Both Worlds" pada 2002 dan "Unfinished Business" di 2004.

Namun sejak film dokumenter "Surviving R. Kelly" muncul dan merinci tahun-tahun tuduhan pelecehan seksual dan fisik yang diduga dilakukan Kelly, beberapa musisi seperti Lady Gaga dan Celine Dion, memilih untuk menarik musik kolaborasi mereka dengan pelantun "I Believe I Can Fly" itu dari situs streaming, seperti iTunes.

Baca juga: Mantan manajer R. Kelly serahkan diri

Namun, lagu-lagu Jay-Z dan Kelly tetap tersedia sehingga rapper tersebut mendapat kritik tajam karena tidak bertindak cepat seperti yang lain.

Jay-Z sendiri belum mengomentari hal tersebut, namun Skrillex menegaskan bahwa itu adalah hak Jay-Z untuk tidak menghapus lagu kolaborasinya dengan R. Kelly. 

"Kalian tahu, saya pikir dia tidak perlu melakukannya. Ini cukup sulit.. Ada sebuah kata yang disebut occhiolism. Ini kesadaran akan kecilnya perspektif Anda sendiri," kata Skrillex seperti dilansir TMZ, Senin.

Baca juga: "I Believe I Can Fly" R Kelly kembali masuki tangga lagu Billboard

"Kalau Jay-Z ingin mempertahankan musiknya karena itu adalah musik yang dibuatnya dulu, itu bagian dari arsipnya, itu adalah bagian dari sejarah. Itu tidak berarti dia orang jahat, tidak berarti dia mendukung orang jahat, tetapi jika seseorang tidak ingin mendengarkan musiknya juga tidak masalah," lanjut Skrillex.

Skrillex juga mengungkapkan bahwa beberapa orang ada yang lebih toleran terhadap hal-hal yang bisa membuat marah. 

Baca juga: Ikuti Lady Gaga, Celine Dion hapus kolaborasi dengan R Kelly

"Kita memiliki banyak cerita buruk dalam sejarah. Kita tidak bisa melangkah terlalu jauh dan menutup mata dari segala hal di dunia," ujar Skrillex.

Sementara itu, Kelly telah membantah semua tuduhan pelecehan terhadap dirinya, termasuk tuduhan bahwa ia telah melakukan hubungan seksual dengan gadis-gadis di bawah umur.

Baca juga: Pengacara R. Kelly sangkal tuduhan pelecehan dalam film dokumenter
Baca juga: Lagu kolaborasi Lady Gaga-R. Kelly dihapus dari layanan musik digital


 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019