Yogyakarta siapkan Rp3 miliar untuk ganti lampu jalan

id lampu jalan yogyakarta,lampu led,penerangan jalan umum

Yogyakarta siapkan Rp3 miliar untuk ganti lampu jalan

Arsip Foto. Seorang pekerja melakukan perawatan lampu kota di jalan Malioboro, Yogyakarta. FOTO ANTARA/Noveradika

Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menganggarkan dana sekitar Rp3 miliar untuk mengganti lampu penerangan jalan umum yang semula lampu sodium dengan lampu Light Emitting Diode (LED) pada 2019.

"Penggantian lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) dari jenis sodium ke LED terus kami lakukan secara bertahap sehingga nantinya seluruh PJU di Yogyakarta menggunakan LED," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis PJU Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Suko Darmanto di Yogyakarta, Kamis.

Tahun ini, penggantian lampu akan dilakukan antara lain di ruas Jalan Brigjen Katamso, Jalan Senopati, Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan KH Ahmad Dahlan.

Suko menyebut lampu LED lebih unggul dibanding lampu jenis sodium di antaranya karena penggunaan daya yang jauh lebih hemat sehingga UPT PJU bisa menambah titik penerangan jalan umum tanpa menambah biaya pembayaran rekening listrik ke PLN.

Penghematan tersebut terjadi karena satu titik lampu jenis sodium biasanya membutuhkan daya sekitar 250 watt hingga 300 watt, sedangkan satu titik lampu LED hanya menyerap daya listrik sekitar 120 watt. Selain itu, lampu LED memiliki masa pakainya lebih panjang dibanding lampu sodium.

"Lampu LED pun sudah menggunakan sistem PJU pintar. Kami akan tahu jika ada lampu yang padam melalui ruang kontrol di kantor," katanya.

Lampu LED, lanjut Suko, juga bisa diatur kekuatan penerangannya sehingga lampu bisa diredupkan hingga 70 persen saat tengah malam guna menghemat daya.

"Biaya yang dibutuhkan untuk penggantian lampu sodium ke LED memang besar. Oleh karenanya, penggantian dilakukan bertahap. Biaya penggantian satu titik lampu sekitar Rp9 juta," katanya.

Penggantian lampu sodium ke LED biasanya tidak membutuhkan penggantian tiang lampu.

"Tiang lampu yang kami gunakan memiliki ketinggian sekitar sembilan meter dan jarak antar tiang 40 meter," kata Suko, menambahkan penggantian LED akan direalisasikan pada triwulan dua.

Saat ini PJU LED sudah dipasang di Jalan Diponegoro, Jalan Magelang, Jalan Malioboro, Jalan AM Sangaji, dan Jalan A. Yani.

"Kami pun sedang memberikan barcode untuk beberapa jaringan lampu PJU sebagai bagian dari smart city Kota Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Jakarta Timur pasang 103 lampu sistem cerdas Pondok Kopi
 

Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar