Seminar ini akan menghadirkan berbagai pemangku kepentingan yang akan duduk bersama dan berdiskusi bagaimana mengefektifkan dan mengefisienkan program tol laut
Surabaya (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2019 menyelenggarakan Seminar Nasional Tol Laut di atas kapal KM Dorolonda yang dioperasikan PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin .

Penyelenggaraan seminar nasional yang mengangkat tema "Melanjutkan Konektivitas, Membuka Jalur Logistik dan Menekan Disparitas Harga Barang" ini bertujuan untuk lebih mensosialisasikan pelaksanaan program tol laut dalam mendukung kelancaran jalur distribusi logistik nasional. 

Program tol laut merupakan salah satu program andalan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dalam rangka memperlancar dan mengefisienkan angkutan barang melalui jalur laut secara teratur dan berkesinambungan. 

Hal itu dinilai penting mengingat tiga per empat wilayah Indonesia adalah lautan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau.

"Program tol laut pada prinsipnya merupakan jalur distribusi logistik menggunakan angkutan kapal laut yang terjadwal antar pulau mulai dari pelabuhan utama sampai kapal-kapal kecil. Program ini diharapkan dapat berdampak yang signifikan dalam mengurangi disparitas harga antar wilayah di Indonesia," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt Wisnu Handoko di Surabaya, Jawa Timur, Senin. 

Selain dihadiri oleh institusi terkait dalam penyelenggaraan tol laut seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, seminar ini juga dihadiri perwakilan dari BUMN, pemerintah daerah, perusahaan pelayaran, akademisi, asosiasi, wartawan media massa, dan stakeholder terkait. 

Rencananya empat Menteri terkait akan hadir menjadi narasumber pada seminar tersebut, yaitu Menteri Perhubungan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perdagangan, dan Menteri Pertanian.

"Seminar ini akan menghadirkan berbagai pemangku kepentingan yang akan duduk bersama dan berdiskusi bagaimana mengefektifkan dan mengefisienkan program tol laut sehingga memiliki daya dongkrak positif signifikan terhadap lalu lintas arus barang di Nusantara," kata Wisnu.

Menurut dia, selain pelaksanaan seminar nasional tol laut, pada kesempatan yang sama juga akan dilaksanakan acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) meringankan tarif jasa kepelabuhanan antara Kemenhub dengan PT. Pelindo I - IV, penyerahan jaket keselamatan (life jacket) untuk operator pelayaran rakyat, penyerahan surat kapal dan buku pelaut oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, serta pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diselenggarakan oleh Politeknik Pelayaran Surabaya.

Hari Pers Nasional adalah agenda tahunan bagi insan pers di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang ditetapkan berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Baca juga: Ditjen Hubla-Bea Cukai kerja sama pengawasan lalu lintas laut

Baca juga: Kapolri-Menkominfo dijadwalkan hadiri diskusi Santun Bermedia

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019