Jakarta (ANTARA News) - 5.263 personel gabungan mulai petang ini diturunkan guna mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek, Selasa besok (5/2), yang akan disebar diseluruh tempat-tempat ibadah umat yang merayakan Imlek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Personel Gabungan dari TNI, Polri dibantu Dinas Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Satpol PP siap mengamankan Imlek 2019, ada 5.263 personel yang disiapkan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Senin.

Dari unsur kepolisian yang diturunkan, kata dia, ada personel dari tinggat Polda Metro Jaya hingga tingkat Polsek untuk melakukan sterilisasi dan pengamanan sejak Senin petang (4/2) ini di sejumlah titik selain di tempat peribadatan.

"Ada 332 vihara di Jakarta dan sekitarnya yang kita amankan. Lalu juga kita kerahkan personel di tempat rekreasi, mal dan tempat ramai lainnya karena bukan hanya beribadah, masyarakat juga kemungkinan memanfaatkan liburan untuk berekreasi yah," tuturnya.

Dia menambahkan, terkait arus lalu lintas, personel Ditlantas Polda Metro Jaya pun dikerahkan untuk mengatur sejumlah strategi rekayasa arus lalu. Rekayasa akan dilakukan secara situasional, seperti buka tutup dan contraflow mana kala ada kepadatan terjadi, baik di vihara, tempat rekreasi, maupun tempat keramaian lainnya.

"Untuk pengaturan lalu lintas, bila memang harus dilakukan buka tutup atau contra flow kita lakukan. Itu teknis di lapangan yah, nanti lantas yang mengatur di lapangan untuk kelancaran lalu lintas," katanya.

Selain itu, mereka juga mengharapkan kegiatan perayaan Imlek bisa dijalankan dengan lancar, tertib dan dalam situasi yang kondusif tidak ada sesuatu apapun.

"Semuanya sudah kamj lakukan, kita berharap bahwa untuk saudara kita yang menjalankan imlek dapat aman dan lancar. Sampai sekarang belum ada informasi dari intelijen terkait ada yang berbuat tidak baik. Kita berharap semuanya itu akan berjalan dengan baik dan lancar dan demokrasi serta kerukunan Indonesia ini akan terlihat sangat bagus di mata internasional," kata dia.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019