Pemkab Nduga jamin pelaksanaan ujian nasional lancar pascapenembakan

id UN 2019,ujian nasional,penembakan di Nduga

ILUSTRASI - Pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK/MA (ANTARA/Wahyu Putro A)

Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga menjamin pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 dapat berjalan lancar dan aman pascapenembakan pada Desember 2018 yang menewaskan 18 orang di Kali Yigi maupun Kali Aurak, Distrik Yall.

Wakil Bupati (Wabup) Nduga, Wentius Nimiangge, di Jayapura, Rabu, mengatakan, pihaknya mengklaim jika kondisi keamanan di beberapa wilayah, khususnya ibu kota kabupaten setempat sudah berangsur kondusif, di mana roda pemerintahan dan pendidikan mulai berjalan normal.

"Kondisi keamanan sudah berangsur kondusif di ibu kota dan kegiatan pendidikan juga sudah terlaksana. Ujian itu adalah agenda nasional, jadi semua sekolah harus siap memberikan materi serta bertanggungjawab," katanya.

Menurut Wentius, meski secara keseluruhan di beberapa wilayah belum sepenuhnya kondusif, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang mengungsi ke daerah lain hingga ke Wamena, dapat segera kembali dan beraktifitas seperti biasa.

"Untuk ujian nasional, bagi sekolah yang tidak ada gangguan di wilayahnya bisa digelar di wilayah masing-masing dan yang masih ada gangguan seperti dari Yuguru sampai di Mbua diarahkan ke Kenyam," ujarnya.

Senada dengan Wentius, Kepala Sub Bagian Umum Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua, Ponto Yelipele, mengatakan, pihaknya sangat berharap agar pemerintah setempat dapat menjamin para siswa sekolah di Kabupaten Nduga untuk mengikuti tahapan Ujian Nasional yang akan berlangsung pada 1 April bagi tingkat SMA.

"Kami sangat berharap pemerintah dan pihak terkait harus menjamin bahwa anak-anak sekolah ini bisa melaksanakan ujian dengan baik,"ujarnya.

Dia menambahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga segera menurunkan tim untuk melihat langsung kondisi para siswa sekolah yang mengungsi di Wamena yang kabarnya menggelar proses belajar mengajar di gereja-gereja untuk memastikan kesiapan dan kondisi menuju hari H pelaksanaan ujian nasional.

Baca juga: Masyarakat jangan terprovokasi peristiwa Nduga
Baca juga: Empat pekerja selamat dari penembakan di Nduga dievakuasi ke Timika

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar