Hari yang penuh dengan laporan-laporan perusahaan akan membuat investor Australia sibuk
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia terangkat pada awal perdagangan Kamis pagi, dengan perusahaan minyak mengimbangi beban dari raksasa telekomunikasi Telstra menyusul laporan laba yang lebih lemah dari perkiraan.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 11,20 poin atau 0,18 persen menjadi diperdagangkan di 6.074,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 12,60 poin atau 0,21 persen pada 6.152,80 poin.

"Hari yang penuh dengan laporan-laporan perusahaan akan membuat investor Australia sibuk," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Enam belas teratas dari dua ratus perusahaan melaporkan hasil setengah atau setahun penuh mereka hari ini, dan sekali lagi indikasi awal untuk kekecewaan."

Perusahaan telekomunikasi terbesar Australia, Telstra, adalah yang terbaru mengungkapkan hasil yang lebih lemah dari yang diharapkan.

Laba bersih perusahaan turun 27,4 persen menjadi 850 juta dolar AS dibandingkan dengan tahun sebelumnya, membuat harga sahamnya jatuh lebih dari 4,0 persen pada pembukaan dan menjadikan saham sektor komunikasi berkinerja terburuk.

Sementara itu saham-saham energi melonjak berkat kenaikan harga minyak 1,6 persen yang mengejutkan.

"Kenaikan ini semakin membuat penasaran mengingat tekanan yang diberikan pada OPEC, karena data yang menyertainya menunjukkan produksi AS tetap di level tertinggi sepanjang masa," kata McCarthy.

"Jika OPEC tidak memangkas produksi harga dapat jatuh, dan jika itu terjadi, produsen AS dapat mengambil pangsa pasar."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam, dengan ANZ naik 0,23 persen dan National Australia Bank naik 0,16 persen, sementara Westpac Bank turun 0,15 persen dan Commonwealth Bank turun 0,34 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi, dengan BHP naik 1,29 persen, Fortescue Metals naik 1,13 persen dan Rio Tinto naik 0,70 persen, namun penambang emas Newcrest turun 1,86 persen.

Produsen-produsn minyak dan gas menguat, dengan Oil Search naik 0,89 persen, Santos naik 1,89 persen dan Woodside Petroleum naik 1,84 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia meningkat, dengan Coles naik 0,86 persen, dan Woolworths naik 0,27 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 2,49 persen, operator penerbangan nasional Qantas terangkat 0,87 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,49 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka datar, saham Commonwealth Bank jatuh
Baca juga: Bursa Australia ditutup naik, Indeks ASX 200 bertambah 18,30 poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019