Pelindo 1 telah menyelesaikan pengembangan Pelabuhan Sibolga yang merupakan salah satu program pemerintah
Jakarta (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah merampungkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepelabuhanan.

Pengembangan Pelabuhan Sibolga itu meliputi dermaga multifungsi dengan panjang 153 meter, lapangan penumpukan kontainer (container yard), perkuatan dermaga, trestle dan breasting dolpin, pemasangan crane dermaga (fix crane), penataan terminal penumpang dan perluasan dermaga feri 400 m2.

"Pelindo 1 telah menyelesaikan pengembangan Pelabuhan Sibolga yang merupakan salah satu program pemerintah. Kami telah menyelesaikan berbagai pembangunan, termasuk revitalisasi terminal penumpang dan pembangunan skybridge dengan panjang 150 meter yang menghubungkan dermaga feri dengan terminal penumpang," kata SVP Corporate Secretary Pelindo 1 M Eriansyah melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pada 2016, Presiden Joko Widodo hadir melakukan peletakan batu pertama pengembangan Pelabuhan Sibolga dan dijadwalkan akan diluncurkan pada 2019.

Dengan rampungnya pengembangan tersebut, kinerja pelayanan kepelabuhanan di Pelabuhan Sibolga akan terus menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Pengembangan Pelabuhan Sibolga ini mampu meningkatkan arus barang. Jumlah bongkar muat peti kemas pada 2018 mencapai 7.105 TEUs, meningkat dibandingkan 2017 sebesar 6.739 TEUs.

Sementara untuk layanan penumpang, total yang memanfaatkan jasa pelabuhan selama 2018 mencapai 73.085 orang atau meningkat 34,8 persen dibandingkan 2017 sebesar 54.215 orang.

Pengembangan Pelabuhan Sibolga juga dirasakan manfaatnya para pengguna jasa, seperti yang diungkapkan Limbong, pengguna jasa dari PT Mujur Timber yang mendukung pengembangan Pelabuhan Sibolga.

"Pengembangan Terminal Penumpang Sibolga sangat berguna untuk naik turunnya penumpang pengguna transportasi laut dan pengoperasian fix crane serta fasilitas pelengkap lainnya semakin memudahkan bongkar muat barang untuk kegiatan ekspor impor," kata Limbong.

Penataan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga yang mengusung konsep modern dengan sentuhan etnik diharapkan mampu menjadi ikon baru bagi Kota Sibolga. Selain itu, pelabuhan ini diharapkan menjadi pintu gerbang dalam mendukung peningkatan potensi sektor kepariwisataan terutama di Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Nias dan daerah sekitarnya.

Pelabuhan Sibolga juga diharapkan dapat menjadi simpul bagi sentra produksi/industri dan hasil tambang, transportasi dan logistik di kawasan pantai barat Sumatera Utara.

Pengembangan kapasitas layanan Pelabuhan Sibolga ini merupakan wujud dukungan Pelindo dalam membangun dari pinggiran yang menjadi program pemerintah.

"Kami optimistis, ke depan, Pelabuhan Sibolga mampu membawa efek domino yang luar biasa bagi perekonomian sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan Indonesia bagian Barat," kata Eriansyah.

Baca juga: Siap dukung logistik nasional, Pelabuhan Sibolga tuntas dikembangkan
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019