Jadi BKMT itu dalam rangka penguatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) penggerak di lapangan, sedangkan IBI itu dalam pelayanan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)
Pontianak, 18/2 (ANTARA News) - Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Dwi Listyawardani menyebutkan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan mitra utama perwakilan BKKBN d Provinsi Kalimantan Barat dalam program keluarga berencana dan kependudukan.

"Jadi BKMT itu dalam rangka penguatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) penggerak di lapangan, sedangkan IBI itu dalam pelayanan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari BKKBN Kalbar," katanya di Pontianak, Senin.

Dia menilai BKMT dan IBI Kalbar merupakan organisasi yang sangat strategis dalam menyukseskan program-program KKBPK.

"Kami selalu bergandengan tangan dengan BKMT dan IBI Kalbar, karena tanpa dukungan dari kedua organisasi ini bisa jadi program kami berjalan kurang baik," katanya.

Menurut dia, selama ini kemitraan yang merupakan salah satu strategi tata cara kerja yang selalu dijaga BKKBN di seluruh Indonesia.

"Makanya kami terus lanjut dan kembangkan kemitraan yang sudah ada selama ini," katanya.

Karena, kata Dwi Listyawardani, masyarakat yang harus dilayani dalam membangun KKBPK ada terus di lapangan dan semakin meningkat. Kemudian, termasuk kompetensi para bidan dalam pelayanan KB harus ditingkatkan.

Sementara itu, untuk menjangkau pelayanan ke daerah-daerah yang jauh, tertinggal, terpencil, perbatasan dan kepulauan yang biasanya fasilitas pelayanan terkait pembanguan KKBPK sangat minim, maka BKKBN yang langsung terjung ke sana dengan tim pelayanan.

"Ini pun kami harus bekerja sama dengan organisasi profesi seperti IBI, IDI juga dengan TNI/Polri," katanya.

Baca juga: BKKBN perkuat kemitraan untuk sukseskan program KB

Baca juga: Jusuf Kalla : Keterbukaan Jadi Tantangan dan Kesempatan Bagi BKMT

Baca juga: BKMT akan Pamerkan Alquran Terpanjang di Dunia

Pewarta: Andilala
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019