Jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan berat sebanyak 13 rumah
Jember, Jatim (ANTARA News) - Puluhan rumah warga di Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur rusak tertimpa sejumlah pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin puting beliung di wilayah setempat pada Selasa petang.

"Puting beliung menerjang Dusun Krajan Kidul dan Dusun Tunggangan, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru hingga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga di desa setempat," kata Kapolsek Sumberbaru AKP Subagyo di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Selasa malam.

Berdasarkan data, kata dia, jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan berat sebanyak 13 rumah, yakni rumah milik Suhendrik, Matnasir, Eko MUji, Sugiadi, Muhammad, Muhede, Durahman, Matsudi, Solehati, Basir, Fauzi yang memiliki pondok Miftahul Hasan, Suhaima, dan Hodri.

"Sedangkan rumah warga yang rusak ringan sebanyak 31 orang yang berada di Dusun Tunggangan dan Dusun Krajan Kidul, namun sebagian besar rumah warga yang rusak parah berada di Dusun Krajan Kidul," katanya.

Menurut dia, pihaknya bersama muspika Sumberbaru, petugas PLN, Kepala Desa Yosorati bersama perangkatnya dan Babinsa Yosorati melakukan kegiatan bakti sosial untuk membersihkan pohon yang menimpa sejumlah rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung.

"Akses jalan raya jalur Jember-Lumajang sempat terganggu akibat pohon tumbang yang melintang di tengah jalan, sehingga semua pihak melakukan kerja bakti untuk membuka akses jalur tersebut," katanya.

Subagyo mengatakan tidak ada korban jiwa dari puluhan rumah yang rusak diterjang angin puting beliung tersebut, namun pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama beberapa hari terakhir seiring dengan cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Jember.

Sementara berdasarkan data BPBD Jember, angin kencang melanda lima kecamatan di Kabupaten Jember yakni Kecamatan Sumbersari, Mumbulsari, Jenggawah, Ajung, dan Sumbersari, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana alam yang menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh tersebut.

Baca juga: Angin puyuh rusak 16 rumah di Jember

Baca juga: Seorang terluka akibat puting beliung di Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019