Ribuan warga saksikan atraksi naga berkilau di Pontianak

id Festival Cap Go Meh Pontianak ,atraksi naga berkilau,Dragon Snack

Dua wanita Tionghoa mengunjungi Pekan Festival Cap Go Meh 2570/2019 di Pontianak, Kamis (14/2/2019). Festival Cap Go Meh yang digelar pada 14-19 Februari 2019 tersebut dimeriahkan dengan pekan promosi wisata dan kuliner, karnaval budaya, atraksi barongsai, ritual naga buka dan tutup mata serta pembakaran naga. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/ama)

Pontianak  (ANTARA News) - Ribuan warga Pontianak, baik tua ataupun muda tumpah ruah menyaksikan atraksi naga berkilau atau replika naga yang dihiasi lampu warna warni pada malam puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak.

"Belasan ekor naga berkilau kami suguhkan pada malam ini  yang setiap tahunnya selalu dinantikan masyarakat," ujar Ketua panitia Cap Go Meh Pontianak, Tjhai Leonardi di Pontianak, Selasa Malam.

Ia menjelaskan suguhan menarik ini ditujukan untuk menghibur warga Pontianak dan para wisatawan, baik lokal, nasional dan mancanegara yang ingin menyaksikan naga berkilau.

  "Atraksi naga tersebut diselenggarakan dalam melestarikan budaya bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa," ujar dia.

Atraksi naga bekilau memanjakan mata pengunjung seolah replika naga tersebut tampak hidup dengan warna dan bentuk yang sedemikian rupa tersebut.

Puluhan ribu warga membanjiri di sepanjang jalan Patimura sampai ke jalan Gajah Mada atau kawasan pencinaan untuk menyaksikan agenda tahunan tersebut.

"Kami sangat senang bisa menyaksikan perayaan Cap Go Meh khususnya pada pawai atraksi naga berkilau di malam hari selain naganya lebih menarik dilihat juga cuaca tidak panas untuk menyaksikannya," jelas salah seorang pengunjung, Merry.

Dalam atraksi naga berkilau tak hanya menyaksikan tetapi juga banyak warga yang mengabadikan momen tersebut dengan berfoto dan bervideo dengan ponsel mereka.

Selain atraksi naga berkilau pengunjung juga beramai memadati lokasi gerai kuliner yang disedikan panitia penyelenggara, terlihat pengunjung berbondong bondong membeli  Dragon Snack.

Dragon Snack menjadi jenis kuliner yang populer diminati warga dengan alasan keunikan dari jajanan tersebut dan jarang ditemui di Kota Pontianak.

"Dengan digelarnya event tersebut yang tadinya saya hanya melihat sensasi memakan Dragon Snack di TV dan di media sosial, hari ini saya bisa merasakan sensasi tersebut, ujar satu di antara pembeli, Yuni.

Atraksi Naga merupakan satu di antara beberapa rangkaian kegiatan Festival Cap Go Meh Pontianak yang berlangsung sejak 14 hingga 20 Februari 2019.

Perhelatan tahunan tersebut semakin semarak dan mendapat sambutan dari masyarakat baik Kota Pontianak maupun luar kota terutama dengan adanya pekan promosi dan kuliner.

Puluhan gerai promosi yang menyajikan beragam kuliner khas Pontianak selalu padat dikunjungi masyarakat. 

Rangkaian  festival sebelumnya sudah ada  karnaval budaya dan barongsai, ritual naga buka mata, dan  atraksi naga bersinar. Setelah itu akan disusul ritual naga tutup mata dan ritual pembakaran naga.

Baca juga: 26 replika naga ikuti cap go meh di Pontianak
 Baca juga: 12 naga pontianak ritual "buka mata"

Pewarta : Dedi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar