Solo  (ANTARA News) - Seratusan ribu orang dari berbagai daerah diperkirakan akan menghadiri berbagai rangkaian kegiatan Haul ke-9 K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)  yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (23/2).

"Serangkaian kegiatan acara akan dilakukan dalam Haul K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Srawung Kebangsaan yang akan dihadiri sebanyak 100.000 orang di Kota Solo, mulai Jumat (22/2) hingga puncaknya di Stadion Sriwedari, Sabtu (23/2) malam," kata Ketua Panitia Haul ke-9 Gus Dur, Hussein Syifa, di Solo, Kamis.

Pada acara Haul ke-9 Gus Dur ini mengapa digelar di Kota Solo, kata Hussein Syifa, salah satunya karena Gus Dur mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Aryo K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari Keraton Kasunanan Surakarta, dan untuk napak tilas kunjungan  Gus Dur saat menjabat Presiden RI keempat  di Kota Solo.

Hussein Syifa mengatakan acara Haul diawali bedah buku "Gus Dur Islam Nusantara dan Kewarganegaraan Bhineka" yang digelar di Aula Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta, Jumat (22/2). Acara itu menghadirkan dua pembicara, yakni Dr.Ahmad Suedy dan Inayah Wulandari Wahid, dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Selain itu, Acara Haul Gus Dur juga dimeriahkan Stand Up Comedy "Dusdurian" yang akan digelar di Aula Ponpes Al Qurany Azzayyadi Surakarta, pada Jumat (22/2), pukul 20.00 WIB hingga  22.00 WIB.

Pada kegiatan Haul Gus Dur itu juga akan dilaksanakan Kirab Kebangsaan dan istighosah di Stadion Sriwedari Solo, pada Sabtu (23/2), mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Menurut dia, acara kirab Kebangsaan berangkat mulai dari depan Stadion Manahan hingga Stadion Sriwedari Solo. Acara Kirab Kebangsaan ini, dengan tema "Berjuta Warna Satu jiwa Indonesia" itu, akan menampilkan berbagai kesenian seperti reog, seni tarian, barongsai, naga liong kelompok rebana dan sebagainya.

Pada acara puncak Haul Gus Dur akan dilaksanakan Istighosah Akbar yang digelar di Stadion Sriwedari, pada Sabtu (23/2), malam.

Pihaknya berencana mengundang Joko Widodo sebagai mantan Wali Kota Solo yang kebetulan sebagai Presiden RI, juga mengundang keluarga besar Gus Dur termasuk Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid, K.H. Ahmad Musthofa Bisri (Gus Mus), Mahfud MD, dan sejumlah tokoh lintas agama, serta budayawan.

Baca juga: Puluhan warga lintas agama ziarah ke makam Gus Dur
Baca juga: Atraksi 1.000 "Penerbang" warnai haul Gus Dur
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019