Cadangan baru di Blok Sakakemang disebut penemuan terbesar keempat di dunia

id esdm,sakakemang,skk migas

(kiri ke kanan) Dirjen Migas Djoko Siswanto, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, serta perwakilan Repsol dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/2/2019). (Antara News/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA News) - Penemuan cadangan gas baru di Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBD2X), Blok Sakakemang, Sumatera Selatan disebut-sebut sebagai penemuan terbesar ke empat di dunia periode 2018-2019.

"Kalau di dunia periode tahun 2018-2019, temuan ini adalah temuan terbesar nomor empat di dunia setelah Calypso 1 di Siprus, Obskaya Sevemaya 1 yang berada di Rusia, kemudian 1-STAT-010A-SPS di Brazil," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Menurut Dwi, sumur KBD2X di Blok Sakakemang ini diperkirakan memiliki potensi kurang lebih dua Tcf (trillion cubic feet) "KBD2X, sebagaimana disampaikan pada saat ekspos yang lalu bersama Repsol, memiliki potensi kurang lebih dua Tcf, ini asumsi sekarang," tuturnya.

Dwi Soetjipto menjelaskan bahwa penemuan cadangan signifikan di KBD2X tersebut harus disyukuri dan mudah-mudahan menjadi angin baru untuk penemuan-penemuan mendatang.

"KBD2X ini di Indonesia dengan potensinya, sesungguhnya hal tersebut setelah 18 tahun itu adalah temuan yang signifikan," katanya.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar berharap penemuan cadangan baru di Blok tersebut bisa membangkitkan semangat eksplorasi di Indonesia ke depannya.

Sebelumnya Dwi mengatakan Repsol pada tahun 2018 memutuskan untuk melakukan pengeboran ke-2 di dalam Blok Sakakemang. Sumur KBD2X ditajak pada 20 Agustus 2018 dengan target "fractured basement". Lokasi sumur berada sekitar 60 km dari lapangan gas raksasa Suban.

Pada awal Februari 2019, Repsol dan SKK Migas menemukan potensi cadangan dengan kedalaman sumur mencapai target 2430 MD.

Keberhasilan sumur KBD 2X akan membuka eksplorasi dengan target fractured basement di Sumatera Selatan hingga ke Sumatra Tengah.
Baca juga: Pertamina temukan cadangan minyak baru di Sumur Benewangi

 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar