... mereka adalah saudara-saudara kita, mereka menginginkan pesta demokrasi yang sejuk. Oleh karena itu, kita sambut dengan sukacita, penuh kegembiraan...
Denpasar (ANTARA News) - Calon wakil presiden, Sandiaga Uno, meminta para pendukungnya di Pulau Dewata agar jangan sampai membuat daerah tersebut "panas" meskipun dia di sejumlah tempat mendapat sambutan spanduk bertuliskan dukungan kepada kontestan lain pada Pemilu 2019.

"Kita jangan gampang terpecah-belah, kita jangan gampang terintimidasi atau terprovokasi," kata dia, di sela-sela menghadiri acara Teras Dialog, di Denpasar, Sabtu malam.

Menurut dia, Bali sebagai gerbang pariwisata dan ikon internasional harus dijaga kondisinya agar tetap sejuk dan mengutamakan perdamaian. "Saya tadi pagi buka kaca, saya lambaikan salam dan di beberapa titik, ada di Klungkung, Gianyar, di Karangasem juga disambut seperti itu," katanya.

Ia melanjutkan, "Itu bagian dari demokrasi yang tidak boleh kita baperin alias bawa perasaan, santai aja. Bahwa mereka adalah saudara-saudara kita, mereka menginginkan pesta demokrasi yang sejuk. Oleh karena itu, kita sambut dengan sukacita, penuh kegembiraan."

Sandi pun berpesan kepada para pendukungnya di Bali supaya selalu menjaga situasi baik terjadi di Bali, pun bila kontestan lain datang ke sana. 

Ia mengharapkan agar energi yang ada sebaiknya diarahkan untuk hal-hal yang positif karena masih banyak permasalahan yang dihadapi rakyat yang membutuhkan solusi.

"Saya sebagai seorang mantan wiraswastawan terbiasa menghadapi jatuh-bangun, saya selalu berprasangka baik kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Apa yang datang pada saya, saya rasakan sebagai penyemangat saya. Itu menjadi karunia yang Tuhan karena tidak mungkin orang capek-capek berdiri di pinggir jalan teriak-teriak seperti itu kalau tidak ingin menyambut kita," katanya.

Oleh karena itu, menurut Sandiaga, sebaiknya para pendukungnya berterima kasih saja dan menganggap tindakan pemasangan spanduk sebagai letupan cinta dan sayang.

Ada dua pasang kontestan menuju kursi kepresidenan masa bakti 2019-2024 pada Pemilu 2019 kali ini, yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (nomor 02), dan petahana, Jokowi, yang berpasangan dengan ulama senior, KH Ma'ruf Amin (mereka mendapat nomor 01).
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019