Pelatihan kejuruan ketrampilan pemuda orang asli Papua pada tahun 2019 akan diawali di Kampung Sepse, Distrik Biak Timur
Biak, Papua (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua pada tahun anggaran 2019 memrioritaskan program pelatihan keterampilan kejuruan untuk pemuda di berbagai kampung sebagai bekal mereka mencari kerja.

"Selama tahun 2019 ada 84 kegiatan pelatihan keterampilan kejuruan yang dibiayai pemerintah pusat melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong untuk pencari kerja di Kabupaten Biak Numfor," kata Pelaksana Tugas Kepala Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah Biak, Esty Kbarek di Biak,Senin.

Ia mengatakan perhatian pemerintah pusat terhadap pelatihan ketrampilan bagi pemuda dan pemudi orang asli Papua besar dalam pembiayaan setiap tahun.

Esty Kbarek mengharapkan program pelatihan ketrampilan kejuruan bagi pemuda kampung bisa menambah keahlian pencari kerja dalam memasuki dunia kerja di Tanah Papua.

"Setiap tahun lowongan kerja yang tersedia di perusahaan atau instansi pemerintah vertikal membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai serta memiliki kompetensi sertifikasi nasional," kata Esty yang juga Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Biak Numfor itu.

Dia berharap, kehadiran lembaga pelatihan pemerintah Loka Latihan Kerja di berbagai kampung dan kepulauan dapat meningkatkan ketrampilan para pencari kerja di Kabupaten Biak Numfor.

"Pelatihan kejuruan ketrampilan pemuda orang asli Papua pada tahun 2019 akan diawali di Kampung Sepse, Distrik Biak Timur," kata perempuan asli Papua itu.

Pada Senin, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Enias Rumbewas secara resmi membuka pelatihan kejuruan bagi pencari kerja angkatan pertama dipusatkan di Loka Latihan Kerja Biak.

Baca juga: Pencari kerja usia produktif minim ketrampilan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019