Jakarta (ANTARA News) - Badan bantuan luar negeri inovatif pemerintah Amerika Serikat Millenium Challenge Corporation (MCC) dan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia akan menyusun perjanjian atau compact baru untuk mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Untuk itu, wakil presiden bidang administrasi dan keuangan sekaligus ketua badan MCC, Cynthia Huger, akan berkunjung ke Indonesia pekan ini untuk mengadakan serangkaian diskusi terkait penyusunan compact MCC baru, yang merupakan program dana skala besar berdurasi lima tahun.

“Saat kita merayakan 70 tahun hubungan bilateral yang jatuh pada tahun ini, kemitraan MCC dan Indonesia mencerminkan ikatan erat antara Amerika Serikat dan Indonesia,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kunjungan Huger merupakan tindak lanjut atas penilaian pada Desember lalu yang menyatakan Indonesia memenuhi syarat oleh Dewan Direksi MCC untuk menyusun compact MCC baru.

Delegasi AS yang dipimpin Huger dijadwalkan bertemu dengan pejabat pemerintah Indonesia, masyarakat madani, dan pemuka sektor swasta untuk mendiskusikan pendekatan MCC dalam upaya menekan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi dan proses penyusunan compact.

Pada April 2018, Indonesia sukses merampungkan compact MCC pertama yang difokuskan pada upaya mengurangi stunting dan malnutrisi anak, meningkatkan energi berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya alam, serta memodernisasi sistem pengadaan barang pemerintah untuk menjamin kualitas produk dan efisiensi belanja negara.

Baca juga: CIPS: malnutrisi ganda ancaman bonus demografi Indonesia

Baca juga: Perangi "stunting" dengan pola hidup sehat


“MCC bangga dapat terus menjalin kemitraan dengan pemerintah Indonesia seiring upaya kita untuk mengentaskan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi," kata Wakil Presiden dan Ketua Badan MCC Cynthia Huger.

Selama proses penyusunan compact multitahun ini, MCC dan pemerintah Indonesia akan bersama-sama melakukan analisis ekonomi secara mendalam untuk menentukan faktor-faktor utama yang menjadi penghambat pertumbuhan di Indonesia. 

Analisis ini akan menjadi rujukan penyusunan program-program MCC di bawah compact, yang akan disusun melalui proses konsultatif yang melibatkan masyarakat madani dan sektor swasta di Indonesia.

MCC merupakan badan bantuan luar negeri inovatif pemerintah Amerika Serikat yang didirikan pada 2004 dan telah menandatangani compact dengan 35 negara di seluruh dunia.

Baca juga: Bappenas siapkan proyek hibah MCC

Baca juga: Para barista Indonesia siap bertarung di Amerika Serikat




 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019