Jakarta (ANTARA News) - Relawan Pemuda Pancasila DKI Jakarta menyatakan dukungannya bagi pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Ma'ruf Amin, pada Pemilu 2019.

"Kami mendukung dan siap bekerja keras menghantarkan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin menjalankan amanat pemerintahan di periode 2019-2024," kata Ketua Umum Relawan Pemuda Pancasila, Ilyas Abdullah, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis. 

Relawan Pemuda Pancasila merupakan unsur dari Pemuda Pancasila di DKI Jakarta.

Secara organisasi, Pemuda Pancasila di bawah kepemimpinan Japto S Soerjosoemarno telah menyatakan netral dalam Pilpres 2019, namun para anggotanya secara individu memiliki hak pilih dan bergabung dalam Relawan Pemuda Pancasila mendukung Jokowi-Ma'ruf. 

Ilyas mengatakan Relawan Pemuda Pancasila mendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin lantaran sosok Jokowi dalam pentas politik nasional mampu mematahkan persepsi kemapanan yang berkembang selama ini. 

Jokowi yang merupakan pengusaha mebel sederhana, dari kalangan orang kebanyakan serta memiliki etos kerja luar biasa, dinilai mampu menjadi dirigen bagi pemerintahannya untuk menjebol budaya birokrasi lama dan membangun wajah baru politik Indonesia, untuk melaksanakan amanat tujuan nasional. 

Abdullah menekankan sederet prestasi juga telah diukir pemerintahan Jokowi selama ini, mulai dari menciptakan harga terkendali, tingkat kemiskinan terendah dalam sejarah, BBM satu harga, membangun kawasan perbatasan, merealisasikan Indonesia sebagai poros maritim, hingga komitmen membangun desa. 

Adapun deklarasi dukungan Relawan Pemuda Pancasila ini secara resmi akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 3 Maret 2019, dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. 

Ketua Panitia Deklarasi Relawan Pemuda Pancasila, Rifki Hakim, mengatakan, deklarasi akan dihadiri sedikitnya 15.000 relawan dari semua unsur Pemuda Pancasila. 

Deklarasi itu akan dibacakan Pembina Relawan Pemuda Pancasila sekaligus ketua SC 234, Abi Japto. Selain itu dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno juga akan menyampaikan dukungannya secara pribadi kepada Jokowi-Ma'ruf. 

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Thoriq Mahmud, mengatakan, sebagian besar anggota Pemuda Pancasila merupakan kalangan milenial. 

Ia yakin, meskipun secara organisasi Pemuda Pancasila bersikap netral dalam Pilpres, namun deklarasi dukungan Relawan Pemuda Pancasila kepada Jokowi-Ma'ruf akan ikut diikuti anggota Pemuda Pancasila. 

"Apalagi deklarasi akan dibacakan mas Abi Japto dan dihadiri Ketua Umum Pemuda Pancasila, Bapak Japto Soerjosoemarno," kata Mahmud.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019