Jakarta (ANTARA News) -  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan memberikan beasiswa khusus guru untuk melanjutkan pendidikannya, kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano.

 "Mulai 2020  LPDP akan menyediakan kuota beasiswa khusus guru untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana. Para guru itu bisa melanjutkan kuliah di kampus dalam negeri dan luar negeri," ujar Supriano di Jakarta, Kamis.
 
Dia mengatakan, beasiswa LPDP untuk guru ini merupakan yang pertama setelah sebelumnya hanya diberikan kepada mahasiswa dan dosen.    
  
 "Kami berharap guru bisa merebut kesempatan ini untuk melanjutkan kuliah agar kompetensinya pun akan semakin baik. Selain itu mereka akan memiliki pengalaman dan wawasan baru," katanya.

 Meskipun demikian, ia belum tahu berapa banyak alokasi beasiswa bagi guru ini. Pihaknya sedang membahas dengan Kementerian Keuangan mengenai proses seleksi  guru yang akan mendapat beasiswa.

  "Seleksinya  sedang kami buat dengan tim LPDP. Apakah dengan lomba berjenjang. Tapi syarat yang harus terpenuhi juga harus bisa bahasa Inggris," cetus dia.

 Sebelumnya, Kemendikbud melepas sebanyak 1.200 guru ke luar negeri. Para guru yang akan ke luar negeri itu, merupakan guru-guru berprestasi. Di luar negeri, para guru akan menambah ilmu mengenai proses pembelajaran yang menyenangkan. 

Baca juga: Kemendikbud kirim 1.200 guru ke luar negeri
Baca juga: 11 guru Sleman studi banding ke luar negeri program Kemdikbud


Pewarta: Indriani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019