Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 800 relawan dari sejumlah kelompok relawan di Jawa Barat menyatakan ikrar dukungan pemenangan kepada Capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada pemilu presiden 2019.

Ikrar tersebut dibacakan bersama pada kegiatan Diskusi Publik dan Pembekalan Relawan Pemenangan Capres-Cawapres 01 hasil kerjasama Bhineka Nusantara JOKMA dan Jaringan Alumni Mesir Indonesia (JAMI), di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3), seperti dikutip melalui siaran persnya.

Ketua JAMI, Aas Subarkah, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja JAMI dalam menggalang sinergi dan kekuatan lintas relawan untuk memenangkan capres-cawapres 01.
 
Pembekalan relawan, kata dia, menjadi hal penting untuk menguatkan langkah dan memberikan asupan informasi bagi para relawan, terutama menyuguhkan bantahan terhadap hoaks dan tuduhan miring yang selama ini dituduhkan kepada Jokowi-Maruf Amin.

"Ada banyak berita dusta yang disematkan kepada Jokowi-Maruf Amin dan kami, selaku alumni Mesir terpanggil untuk membantu meluruskan ragam hoaks tersebut. Islam mengajarkan kami larangan menghancurkan kehormatan sesama," kata dia.

Aas berharap, kontribusi sederhana dari alumni Mesir ini dapat memantik semangat para relawan untuk terjun ke masyarakat dan mensosialisasikan kinerja Jokowi. Ke depan, JAMI mengajak segenap bangsa Indonesia untuk tetap menjaga politik keadaban menghadapi Pemilu 2019."Pemilu adalah kontestasi dalam kebaikan, bukan ajang tebar benih konflik dan kebencian," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Umum JokMa Jawa Barat, Andreansyah Musa, mengatakan kegiatan pembekalan sangat diperlukan bagi para relawan. Selama ini relawan JokMa telah melakukan kerja-kerja lapangan dengan beragam aktivitas. Tidak hanya pemasangan alat peraga kampanye (apk), tetapi juga melakukan penetrasi sosialasi ke daerah-daerah yang selama ini menjadi kantong suara kubu 02.

Dia mengutip hasil survei internal yang menyebutkan perolehan suara 01 di Jabar sudah sama dengan suara capres-cawapres 02. Hasil tersebut adalah angin segar sekaligus pelecut bagi para relawan untuk lebih gigih terjun ke masyarakat dan mengetuk pintu bersilaturahim door to door dengan tetap menjaga etika dan kesantunan dalam berkampanye. "Target kita adalah merebut kemenangan di Jabar yang selama ini menjadi basis suara Prabowo," kata dia.

Diskusi Publik dan Pembekalan Relawan Pemenangan 01 di Jabar dihadiri para narasumber yaitu Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab yang sekaligus Dewan Penasehat JAMI, Pendiri Rumah Perubahan Prof Rhenald Kasali, dan dai kondang Ustaz Yusuf Mansur.







 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019