Kaum milenial Kota Timika mendeklarasikan tertib berlalu lintas

id tertib lalu lintas,kota timika,kaum milenial

Arsip. Personel Polisi Lalu Lintas Polres Lhokseumawe menjelaskan materi penggunaan helm yang benar kepada siswa program Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu lintas "Milenial Road Safety Festival" di SMPN 11 Punteut, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (20/2/2019). Kegiatan itu bertujuan mensosialisasikan budaya tertib berlalu lintas dan kualitas keselamatan berkendara generasi milenial untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di tanah air. (ANTARA FOTO/RAHMAD)

Timika (ANTARA News) - Para remaja atau kaum milenial di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mendeklarasikan tertib berlalu lintas guna menjaga keselamatan diri sendiri, pengguna kendaraan yang lain maupun pejalan kaki.

Naskah deklarasi tertib berlalu lintas itu dibacakan oleh puluhan remaja saat digelar acara `Millenial Road Safety Festifal` bertempat di kompleks Jalan Budi Utomo, Tugu Perdamaian Timika Indah, Sabtu.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan pentas tari dan seni kaum milenial di Kota Timika dengan menghadirkan `DJ` Kiki Amalia, atraksi pesawat aero dinamis, polisi cilik (pocil) dan bagi-bagi undian dengan undian utama yaitu tiga buah sepeda motor.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan semua pihak menaruh perhatian serius bagi keselamatan kaum milenial sebab di pundak merekalah masa depan bangsa dan negara serta daerah dipertaruhkan.

Di Indonesia, katanya, dalam tiga tahun terakhir tercatat sebanyak 414.636 orang menjadi korban akibat terlibat kecelakaan lalu lintas.

Sementara di Mimika, tercatat sebanyak 756 warga meninggal dunia di jalan akibat terlibat kecelakaan lalu lintas dalam tiga tahun terakhir.

"Yang paling memprihatinkan, sekitar 75 persen korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal di jalan itu merupakan kaum milenial kelahiran tahun 1980 hingga pertengahan tahun 2000-an. Jalan raya ternyata menjadi pembunuh massal sehingga semua pihak diajak untuk sadar dan tertib berlalu lintas," ujar AKBP Agung.

Ia menambahkan, penyebab utama kasus kecelakaan lalu lintas yang marak di Timika yaitu karena mabuk-mabukan, pengemudi mengantuk, faktor cuaca, kondisi jalan yang tidak bagus serta kesalahan pengemudi itu sendiri (human error).

Kasat Lantas Polres Mimika AKP Indra Budi Wibowo mengatakan kegiatan `Millenial Road Safety Festival` merupakan perintah langsung dari Koorlantas Mabes Polri yang digelar di seluruh daerah di Indonesia.

Puncak acara tersebut akan berlangsung di Jakarta pada 31 Maret 2019 yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Tujuan utama digelarnya kegiatan ini untuk mengajak kalangan milenial agar tertib berlalu lintas. Harus ada keiklasan dari kalangan muda sendiri untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang tadinya ugal-ugalan di jalan raya," ujarnya.

"Acara ini dikemas dengan kegiatan hiburan agar pesan-pesan yang disampaikan lebih mengena dan dapat diterima oleh kalangan muda. Ke depan diharapkan anak-anak muda di Kota Timika lebih tertib dalam berlalu lintas," tambah Indra.

Lokasi Jalan Budi Utomo mulai dari Tugu Perdamaian Timika Indah hingga Swalayan Diana yang dijadikan tempat penyelenggaraan Millenial Road Safety Festifal` ini nantinya akan dijadikan lokasi `Car Free Day` di Kota Timika yang direncanakan akan berlangsung setiap akhir pekan.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar