Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran yang diikuti peserta dari sembilan regu dari kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Antusiasme mereka itu luar biasa, karena mereka ingin ini menjadi pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan kemampuan keterampilan mereka," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto di sela kegiatan lomba di Bantul, Minggu.

Lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran DIY-Jawa Tengah yang diselenggarakan di Lapangan Trirenggo depan Rumah Dinas Bupati Bantul tersebut diikuti sembilan regu yaitu lima kabupaten/satu kota di DIY, dan ditambah empat kabupaten/kota di Jateng, yaitu Klaten, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Purworejo," katanya.

Menurut dia, lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran yang diinisiasi BPBD Bantul untuk tingkat DIY-Jateng ini baru pertama, dan mendapat dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dwi mengatakan, selain untuk meningkatkan kemampuan, kegiatan ini yang terpenting juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian sesama petugas pemadam yang selalu dihadapkan pada masalah kebakaran.

Ketangkasan yang dilombakan diantaranya mengenai menembak sasaran api dengan mobil pemadam, bagaimana petugas menyelamatkan korban dan cara mengevakuasi korban dari lantai dua ketika terjadi kebakaran.

"Harapan kita kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh teman-teman pemadam kebakaran bisa menjawab tantangan di masyarakat," katanya.

Baca juga: DPKP DKI bekali kemampuan warga tanggulangi kebakaran
Baca juga: Mengenal Nyapar, alat pemadam karhutla digital
Baca juga: Olahraga bersama, cara anggota pemadam kebakaran jaga kebugaran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019