Jakarta (ANTARA) - Duta besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN Mohammed Abdullah AlGhfeli menyatakan dukungannya untuk Kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) yang akan berlaga dalam Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi UEA, pada 8-22 Maret.

"Kami sangat berharap semoga atlet-atlet Indonesia dapat sukses pada Olimpiade mendatang," kata AlGhfeli ketika mengunjungi pelatnas SOIna di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa.

AlGhfeli mengatakan kontingen Indonesia akan menjadi bagian dari 7.000 atlet 170 negara yang akan ikut dalam pesta olahraga pada 14-21 Maret.

"Kami juga akan menggelar sejumlah program dan kegiatan pendamping yang digelar di tujuh wilayah ke-emir-an. Jadi, bukan sekedar pertandingan olahraga saja," kata AlGhfeli.

SOWG 2019, lanjut AlGhfeli, merupakan penyelenggaraan Olimpaide Khusus yang digelar untuk pertama kali di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Abu Dhabi juga telah menggelar pawai obor SOWG pada 4-13 Maret sebelum pembukaan Olimpiade Khusus itu pada 14 Maret.

Sebanyak 24 cabang olaraga akan digelar dalam SOWG 2019 yang menggunakan sistem persaingan yang disebut "divisi". Sistem "divisi" itu membagi para atlet berdasarkan kemampuan, bukan pada tingkat kecacatan.

"Dengan sistem itu, para atlet dapat bersaing dengan atlet lain yang memiliki kemampuan dan usia yang sama. Divisi minimal diikuti tiga hingga maksimal delapan atlet," kata AlGhfeli.

Abu Dhabi memperkirakan upacara pembukaan SOWG dihadiri lebih dari 40 ribu penonton di Stadion Zayed Sports City pada 14 Maret mulai pukukl 17.00 waktu setempat.

Baca juga: Indonesia siapkan 54 atlet menuju Special Olympics

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019