Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Saka 1941, Sea World Ancol sebagai wahana akuarium yang berbasis edukasi rekreasi dan konservasi kelautan akan menggelar pertunjukan budaya bertajuk "Barongan : An Epic Underwater Show". 

"Tujuan utama diadakan pertunjukan ini merupakan salah satu cara untuk mengangkat kekayaan budaya khususnya Barong Bali yang dikemas dengan unik dalam pertunjukan di darat dan di dalam air yang dibalut dalam cerita yang memiliki makna," kata Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari di Jakarta Pusat, Kamis.

Dalam pertunjukan unik ini, Manajemen Ancol Taman Impian menggandeng Budayawan Bali dari Pure Aditya Jaya untuk berkolaborasi menghadirkan rangkaian seni Barong Bali tersebut.

"Persembahan khusus Barongan: An Epic Underwater Show ini akan kembali digelar pada Tanggal 8, 9 dan 10 Maret 2019 dan berlangsung pada pukul 10.45 dan 13.45 WIB," kata Rika.

Sedangkan di tanggal 7 Maret 2019 tepat pada perayaan Nyepi tetap akan di gelar pertunjukan Barongan di dalam air tanpa kehadiran Barong Bali di darat, serta tambahan penampilannya pada  tanggal 16 dan 17 Maret 2019.

"Barong diangkat karena memiliki ciri khas dan identik dengan penganut Hindu terbesar di Indonesia yaitu Bali," kata Rika 

Cerita mengenai Barong sendiri tersirat makna mendalam antara perang kebajikan dan kejahatan. Persembahan khusus ini akan menampilkan Barong Bali dalam rangkaian cerita kolaborasi dengan penari kecak di dalam air dan pertemuan khusus dengan Barong Bali di darat yang diiringi dengan tarian Pendet. 

"Kehadiran Barong berupaya menyingkirkan sosok Rangda yang jahat dan telah membuat kerusakan di bumi," katanya.

Baca juga: Pengunjung padati Ancol saat libur Nyepi

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019