Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan kereta api yang aman dan nyaman. Adapun, kereta yang diberlakukan tersebut merupakan KA-KA yang selama ini belum ada tarif khususnya
Madiun (ANTARA) - PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun menjual tiket KA bertarif khusus untuk beberapa perjalanan KA dengan relasi tertentu yang melintas di wilayahnya.

Manajer Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendri Wintoko, Sabtu, mengatakan layanan tersebut berlaku terhitung mulai tanggal 11 Maret 2019.

"Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan kereta api yang aman dan nyaman. Adapun, kereta yang diberlakukan tersebut merupakan KA-KA yang selama ini belum ada tarif khususnya," ujar Ixfan kepada wartawan.

Menurut dia, dengan pemberlakuan tarif khusus tersebut, memungkinkan masyarakat untuk membayar tiket dengan tarif lebih rendah hingga 80 persen dari tarif sebelumnya.

Adapun tarif khusus yang diberikan oleh KAI bagi KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun adalah KA Singasari untuk jurusan Lempuyangan - Madiun, dimana tiket eksekutif hanya Rp100 ribu, bisnis Rp80 ribu, dan ekonomi Rp70 ribu per orang.

KA Singasari untuk jurusan Lempuyangan - Kediri, dimana tiket eksekutif hanya Rp150 ribu, bisnis Rp120 ribu, dan ekonomi Rp100 ribu per orang.

KA Singasari untuk jurusan Madiun - Blitar, dimana tiket eksekutif hanya Rp115 ribu, bisnis Rp95 ribu, dan ekonomi Rp85 ribu per orang.

Kemudian KA Mutiara Selatan untuk jurusan Yogyakarta - Surabaya Gubeng, dimana tiket eksekutif hanya Rp230 ribu, bisnis Rp170 ribu, dan ekonomi Rp110 ribu per orang.

Serta, KA Mutiara Selatan untuk jurusan Surabaya Gubeng - Malang, dimana tiket eksekutif hanya Rp60 ribu, bisnis Rp45 ribu, dan ekonomi Rp35 ribu per orang.

Tiket dengan tarif khusus ini bisa dibeli oleh penumpang mulai dua jam sebelum jadwal keberangkatan KA melalui loket "Go Show" di stasiun atau melalui aplikasi KAI "Access". Tentu selama persediaan kursi masih ada.

"Melalui layanan promo ini, KAI memberikan tarif yang lebih murah bagi penumpang yang menggunakan KA tertentu pada rute - rute yang telah ditentukan," tambahnya.

Ixfan berharap, dengan adanya promo tersebut masyarakat dapat memilih moda transportasi terutama kereta api untuk bepergian serta lebih mencintai layanan yang diberikan kereta api.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019