Alhamdulillah melalui implementasi program ini, UMI telah menempatkan tiga orang mahasiswa magang di Pelindo IV
Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ( PMMB) dengan PT Pelindo IV sebagai bagian menyediakan lulusan yang siap masuk dunia kerja.

Rektor UMI Prof Dr Basri Modding di Makassar, Selasa, mengatakan hal ini merupakan tindak lanjut penandatangan MoU sebelumnya pada bulan November 2018 bersama Deputi Infrastruktur Kementrian BUMN dalam forum yang dirancang Forum Human Capital Indonesia ( FHCI) sebagai implementasi program penyiapan generasi milenial siap di dunia kerja.

Penandatanganan kerja sama UMI dengan PT Pelindo IV juga dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Ir H Hanafi Ashad MT dan Wakil Rektor V Prof Dr Ir H Hatta Fattah MS.

"Era global saat ini menuntut kesiapan lulusan sebagai generasi milenial yang berkualitas, terbuka pada perubahan, ingin selalu belajar dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki sehingga siap bekerja," katanya.

Basri Modding mengapresiasi atas berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah, khususnya dalam melahirkan SDM sebagai aset investasi masa depan bangsa, termasuk dengan program PMMB sebagai program nasional dengan sinergi mutualisme kedua institusi, yang bertujuan meningkatkan kualitas PTN/PTS dengan menyiapkan mahasiswanya terjun langsung di industri untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam lingkungan kampus.

"Alhamdulillah melalui implementasi program ini, UMI telah menempatkan tiga orang mahasiswa magang di Pelindo IV," ujarnya.

Sementara itu, Direktur SDM PT PelindoIV Persero, M Asyari dalam sambutannya mengatakan program ini bagian dari program nasional sebagai wujud komitmen BUMN dalam mengambil bagian dalam menyiapkan sdm Indonesia yang berkualitas sebagai aset bangsa ke depan.

Tujuan program ini memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam menyiapkan Indonesia yang unggul, melalui link and match.

"Sedangkan untuk kami BUMN sebagai sumber merekrut karyawan sesuai kebutuhan serta untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan BUMN seluruh Indonesia," katanya

Ashary menambahkan program kerja sama ini menunjukkan BUMN yang unggul. "Saat ini BUMN bukan milik pribadi atau golongan tertentu, semua anak anak bangsa yang siap bergabung, kami sangat terbuka untuk menerimanya," katanya.

Untuk menyiapkan generasi milenial sebagai aset bangsa ke depan, maka saat ini dirancang dengan program yang menyiapkan mereka untuk siap terjun di dunia industri dengan jembatan program magamg mahasiswa bersertifkat

"Jika dulu sangat susah untuk mencari kerja termasuk program magang, maka saat ini BUMN hadir untuk negeri memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang sehingga mereka selesai nantinya, mereka tidak asing lagi di dunia kerja," ujar Ashary

Baca juga: UMI MoU dengan Garuda disaksikan Wapres

Baca juga: FTI-UMI gandeng dua PTN praktik laboratorium pertambangan di Maros

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019