Untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas di Bumi Sriwijaya ini, program akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama itu akan dimaksimalkan,
Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskemas) yang tersebar di 16 kecamatan kota setempat.

"Untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas di Bumi Sriwijaya ini, program akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama itu akan dimaksimalkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letizia di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, program akreditasi itu telah dilakukan sejak tahun 2016, pada tahap awal dilakukan akreditasi terhadap 11 puskesmas yang dinilai siap memberikan pelayanan dengan baik secara maksimal kepada masyarakat..

Pengajuan akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dilakukan untuk mendapatkan pengakuan atas kualitas layanan pusat kesehatan masyarakat yang sekarang ini dirasakan masyarakat sudah cukup baik.

Puskesmas yang diajukan permohonan akreditasi itu, katanya, dinilai layak atau memenuhi persyaratan untuk mendapat pengakuan memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai dan sesuai standar.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

Secara umum, kata dia, pelayanan kesehatan di kota ini sudah cukup baik sehingga masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tingkat sedang cukup di puskesmas saja.

"Padahal beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr.Mohammad Hoesin Palembang," katanya.

Sebelum fasilitas pelayanan kesehatan memadai seperti sekarang ini, puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati sepeda motor dan mobil pengunjung, demikian Letizia.

Baca juga: Puskesmas Palembang mulai periksa kesehatan calon haji

Baca juga: Jelang Asian Games kualitas Puskesmas di Palembang ditingkatkan

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019