Pembangunan jalan penghubung empat distrik di Yahukimo dilanjutkan

id Yahukimo,jalan penghubung,empat distrik,Papua

Bupati Yahukimo, Abock Busup (FOTO ANTARA/HO- News Papua/Musa Abubar)

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Provinsi Papua, melanjutkan pembangunan jalan yang menghubungkan empat distrik, yakni Distrik Mugi, Yogose, Werima, dan Distrik Tangma, ke ibu kota kabupaten setempat.

"Saya baru mengunjungi infrastruktur jalan dari Distrik Mugi, Yogose, Werima, dan Distrik Tangma, tahun lalu kami bangun jalan itu," kata Bupati Yahukimo, Abock Busup di Jayapura, Selasa.

Dia mengatakan, akses jalan ini dibuka karena masyarakat di empat distrik tersebut selalu berjalan kaki puluhan kilo meter untuk membawa hasil jualannya ke ibu kota kabupaten untuk di jual.

"Tahun ini pembangunan jalan tersebut dilanjutkan, separuh dari jalan ini sudah dikerjakan," katanya.

Pembangunan jalan tersebut, menurut Abock, sudah ditender dan dikerjakan sejak 2018 lalu, dan pengerjaannya masih terus berlanjut.

Bupati Abock mengatakan sudah sepanjang 13 kilo meter jalan yang dikerjakan pada 2018 lalu selesai, dan tahun ini pembangunan sisa jalan itu dilanjutkan hingga tuntas.

"Tahun ini, kami masih harus mengerjakan 40 kilo meter lagi, setelah pengerjaan akan diresmikan dan digunakan untuk memudahkan akses masyarakat empat distrik ke ibu kota kabupaten," katanya.

Bupati menyebutkan hingga kini masyarakat empat distrik itu selalu memikul bahan makanan serta hasil kebun lalu berjalan kaki berkilo-kilo meter ke ibu kota kabupaten, kadang mereka membayar tenaga yang memikul barangnya lebih mahal dari harga barang.

Untuk itu, akses jalan ini dibangun untuk memudahkan pengembangan perekonomian, dan juga mengurangi tingkat kesulitan masyarakat yang dialami puluhan tahun lamanya, demikian Abock Busup.

Baca juga: Kementerian ESDM bagikan seribu lampu surya di pedalaman Yahukimo Papua

Baca juga: Dinkes Yahukimo tugaskan 430 dukun dan kader

Pewarta : Musa Abubar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar