Bengkulu (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memberikan pelatihan beternak lebah madu kepada puluhan warga dari enam desa dalam dua kecamatan di daerah itu.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Rejang Lebong, Dwi Purnamasari di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pelatihan bertenak lebah madu yang difasilitasi  itu diberikan kepada 40 warga yang berasal dari enam desa tersebar dalam Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

"Bantuan yang kita berikan selain dalam bentuk pelatihan juga peralatan pendukung seperti kotak lebah dan lainnya, " ujar Dwi.

Pelatihan budidaya lebah madu ini tambah dia, dilangsungkan selama lima hari dan akan berakhir pada 17 Maret nanti, dengan lokasi di Kecamatan Bermani Ulu untuk peserta dari Desa Baru Manis, Air Pikat dan Desa Purwodadi.
Kemudian peserta dari tiga desa lainnya yakni Desa Pal VIII, Tebat Tenong Luar dan Desa Pal VII, dipusatkan di  Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Bantuan yang mereka berikan ini kata Dwi, diberikan kepada per orangan dan nantinya mereka ini akan membentuk kelompok peternak lebah madu dengan mengajak warga lainnya untuk bergabung.

"Usaha bertenak lebah madu ini kami nilai memiliki prospek yang cukup menjanjikan, karena madu yang dihasilkan per botol teh dihargai pembeli Rp80.000. Lebah madu yang diternakkan ini nantinya bisa memanfaatkan banyaknya tanaman kopi di desa mereka sebagai sumber madunya," kata dia lagi.

Pelatihan bertenak lebah madu yang difasilitasi Disnakertrans Kabupaten Rejang Lebong tersebut memanfaatkan instruktur peternak lebah madu dari Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang yang sudah lebih dahulu mengembangkannya usaha bertenak lebah madu.

Dia berharap, program pelatihan beternak madu ini nantinya bisa memberikan pendapatan tambahan kepada warga di masing-masing desa, dan akan mendorong inovasi masyarakat mengembangkan produk turunan dari usaha peternakan madu itu.

Baca juga: Budidaya madu Trigona di tambang batu hijau
Baca juga: Memanen uang lewat budi daya madu kelulut
Baca juga: Madu sialang dibudidayakan di Ogan Komering Ulu-Sumsel



 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019