Jakarta (ANTARA) - Film animasi Battle of Surabaya, karya perdana, sutradara muda, Aryanto Yuniawan, akan didistribusikan toko daring raksasa Amazon setelah adanya kesepakatan kontrak lewat ajang London Book Fair (LBF) 2019.

Thomas Nung Atasana dari Borobudur Agency yang menjadi pialang transaksi hak cipta di Olympia London, Kamis (14/3), mengatakan, kesepakatan dengan Amazon untuk mendistribusikan film animasi 2D itu merupakan salah satu hasil kinerja menjual karya-karya kreatif di LBF 2019.

Battle of Surabaya merupakan karya sinematografis genre drama, aksi, yang berkisah tentang heroisme dalam perang 10 November 1945 di Kota Surabaya yang akhirnya tanggal itu diabadikan sebagai Hari Pahlawan.

Film ini telah meraih beberapa penghargaan, di antaranya Most People's Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Di samping itu, tambah Thomas, LBF 2019 membukukan kesepakatan dengan lima distributor internasional dari tiga negara di  Eropa, dan Amerika Serikat untuk mendistribusikan buku-buku Indonesia yang sudah berbahasa Inggris ke Amerika, Inggris, Uni Eropa, Australia, dan India.

Sementara itu, untuk penjualan hak cipta buku, ada 23 judul buku dari penerbit Jakarta dan Bandung yang siap diterbitkan sejumlah penerbit mancanegara.

Adapun buku-buku karya penulis Indonesia yang sedang dijajaki oleh penerbit internasional untuk diterbitkan dalam bahasa mereka berjumlah 408 judul dari beragam topik.

Baca juga: Penerbit asing beli 23 hak cipta buku Indonesia
Baca juga: Film animasi Indonesia tembus nominasi Festival Dresden

Baca juga: Penerbit Bestari terima penghargaan di London Book Fair

 

Pewarta: Mulyo Sunyoto/Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019