Bengkulu (ANTARA) - Ratusan surat suara pemilu serentak untuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada proses penyortiran dan pelipatan hari ketiga ditemukan mengalami kerusakan.

"Surat suara yang rusak ini adalah surat suara pemilihan DPR-RI sebanyak 247 lembar, kemudian surat suara pemilihan DPRD Provinsi Bengkulu sampai dengan Sabtu siang yang dinyatakan rusak sebanyak 27 lembar," kata Plt Kasubag Umum KPU Rejang Lebong, Riko Saputra saat ditemui di gudang logistik KPU Rejang Lebong, Sabtu.

Surat suara yang mengalami kerusakan ini tambah dia, terjadi akibat sobek, gradasi warna, surat suaranya kabur dan lainnya.

Sejauh ini, jumlah surat suara yang masih dalam proses penyortiran dan pelipatan yang melibatkan 104 orang tenaga pelipat tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat surat suara yang akan dilipat mencapai 1.042.016 lembar yang terdiri dari surat suara untuk Pilpres, kemudian surat suara DPR, DPD, DPRD provinsi, dan pemilihan DPRD kabupaten.

Proses pelipatan surat suara pemilu serentak di daerah itu yang melibatkan 104 pekerja ini kata dia, diyakini tidak akan selesai sesuai dengan target yang ditentukan terhitung 14-18 Maret. Kendati demikian pihaknya belum berniat untuk melakukan penambahan tenaga pelipat.
 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019